Sport

Keputusan Jordan Brand Merekrut Paolo Banchero Dikritik Netizen

Tora Nodisa

Posted on July 29th 2022

Foto: Washington Post

Kabar mengejutkan datang hari ini, Jumat, 29 Juli 2022. Dari arena NBA, pemain rookie yang baru masuk tim Orlando Magic, mendapatkan kontrak dengan Jordan Brand. Pemain ini bernama Paolo Banchero. Lulusan Duke University yang berstatus pilihan pertama dalam Draft NBA 2022. Netizen menyayangkan keputusan Jordan Brand tersebut, karena bisa salah langkah seperti cerita Zion Williamson. 

Jordan Brand memang sukses membuat Air Jordan, yang merupakan signature shoes dari Michael Jordan. Tetapi dalam hal perekrutan duta, mereka tidak sebagus Nike, sebagai induk perusahaannya. Mereka terkadang mengambil bintang-bintang yang salah. 

Sebut saja beberapa pemain yang menjadi duta Jordan, bahkan kurang sukses dalam penjualan signature shoes, seperti Russell Westbrook, dan terakhir Zion Williamson. Luka Doncic belum dihitung, karena signature shoes Jordan Luka 1 baru keluar bulan ini. Jadi belum ketahuan sejauh mana efek Doncic dalam penjualan sepatunya. 

Kesalahan Jordan terhadap Zion Williamson, ternyata tak membuat mereka jera. Kalian tentu sudah tahu masalahnya, ketika Zion diberikan signature shoes pertama, justru dia tidak bermain satu musim. Lalu, belum sempat terjual, Jordan Zion 2 sudah dikeluarkan. Maka Jordan Brand total mengeluarkan dua model untuk Zion Williamson, namun belum pernah dipakai turun ke arena NBA sama sekali. 

Kali ini Jordan Brand merekrut pemain baru bernama Paolo Banchero. Menurut Shams Charania dari The Athletic, Jordan Brand memberikan kontrak yang besar untuk bintang berusia 19 tahun tersebut. Dia mencetak rata-rata 17,2 ppg, 7,8 rpg, dan 3,2 apg selama menjadi pemain Duke University. Banchero juga tampil meyakinkan selama NBA Summer League di Las Vegas, bulan ini, dengan mencetak rata-rata 20 poin dan 6 assist per game dalam dua pertandingan. 

Keputusan Jordan Brand memberikan kontrak untuk Banchero mendapatkan kritikan dari netizen. Dalam unggahan di Instagram @slamkicks, ada yang menyebut bahwa Jordan Brand akan kembali membuat signature shoes yang tidak laku di pasaran. Karena figur atau sosok atletnya sama sekali tidak diminati. Ini berkaca pada situasi yang sedang dihadapi Zion Williamson. 

Selama ini Jordan Brand sudah mengeluarkan banyak sekali signature shoes. Seperti Jordan Melo milik Carmelo Anthony, Jordan CP3 milik Chris Paul, Jordan Fly Wade milik Dwyane Wade, Jordan Why Not Zero milik Russell Westbrook, hingga yang terakhir Jordan Zion milik Zion Williamson, dan Jordan Luka milik Luka Doncic. Tetapi tidak pernah bisa menyaingi kesuksesan pendahulunya yaitu Air Jordan milik Michael Jordan sendiri. 

Namun di era sekarang, Jordan tidak bisa sesukses induk perusahaannya, yaitu Nike. Mereka punya signature shoes yang laku di pasaran. Seperti Nike Kobe, Nike LeBron, Nike Kyrie, Nike KD, hingga Nike Freek yang dibuat khusus untuk Giannis Antetokounmpo. (*)

Artikel Terkait
Sport
Jordan Brand Beri Penghormatan untuk Luka Doncic dan Budaya Spanyol

Sport
Bocoran Air Jordan 37 yang Siap Rilis Tahun 2022

Sport
Nike Beri Sepatu Baru untuk Devin Booker