Tech

Gmail Punya Tampilan Baru, Tapi Gak Beda Jauh dengan yang Lama

Jingga Irawan

Posted on July 28th 2022

Sejak Februari 2022, Google telah mengungkap tampilan baru untuk Gmail. Tapi masih terbatas. The Verge, pada Rabu, 27 Juli 2022 mengabarkan sekarang tampilan baru tersedia untuk semua pengguna Gmail.

Desain tampilan ulang ini mendekatkan Meet, Chat, dan Spaces sebagai bagian dari keseluruhan bagian penting dan mencakup elemen Google Material Design 3. Itu lah mengapa desainnya mungkin mirip seperti Andorid ponsel kalian. Namun, tenang saja, tampilan baru ini tak beda jauh dengan yang lama.

Tak berhenti di situ, Google mengatakan bahwa, akhir tahun ini, kita akan melihat peningkatan pada Gmail untuk pengguna tablet, dukungan emoji yang lebih baik, dan lebih banyak fitur aksesibilitas serta peningkatan lainnya.

Jika kalian menggunakan Gmail untuk bekerja, tampaknya itu sudah otomatis muncul ke akun kalian. Bagi kalian yang tak nyaman dengan perubahan, kalian dapat memilih keluar dan beralih kembali ke tampilan lama.

Jika kalian tak mengaktifkan aplikasi Chat, kalian masih akan mendapatkan tampilan baru, tetapi dalam tampilan khusus Gmail secara default. Dan jika kalian tak menggunakan beberapa atau salah satu aplikasi tersebut, kalian masih dapat menonaktifkan atau mengaktifkannya dari Quick Settings Menu.

Cara untuk beralih kembali ke tampilan semula cukup mudah:

-Di kanan atas, klik Settings.

-Di bawah Quick Settings, klik Go back to the original Gmail view.

-Di jendela baru, klik Reload.

UI yang diperbarui ini memindahkan tombol Mail, Meet, Spaces, dan Chat ke dalam satu baris di bagian atas alih-alih menampilkan beberapa percakapan dari masing-masing dalam daftar.

Mereka masih mudah diakses tanpa menampilkan semuanya di layar sekaligus. Kalian juga dapat dengan cepat beralih ke percakapan bagian mana pun, karena daftar akan muncul saat kalian mengarahkan kursor ke ikonnya.

Perubahan tersebut merupakan bagian dari pendekatan baru Google secara keseluruhan terhadap rangkaian Workspace (termasuk Dokumen, Spreadsheet, dll.) yang seharusnya memberikan gaya lebih terpadu dan fitur baru yang didukung AI seperti peningkatan pencarian Gmail yang baru saja diumumkan.(*)

Foto: Google

Artikel Terkait
Tech
Google Workspace Sekarang Gratis untuk Semua Pengguna!

Tech
Apple Bantu Pendidikan Remote di Seluruh Dunia dengan Schoolwork 2.0

Tech
Fitur Baru DuckDuckGo Bisa Cegah Aplikasi Lacak Data Penggunan Android