Tech

Mark Zuckerberg Sebut Meta dan Apple Bersaing Ketat Soal Metaverse

Jingga Irawan

Posted on July 28th 2022

Meta tampaknya nggak hanya bersaing dengan sesama raksasa media sosial. CEO Meta, Mark Zuckerberg, percaya bahwa Apple dan perusahaannya berada dalam kompetisi mendalam untuk membangun Metaverse.

Kabar ini memberi isyarat bahwa kedua raksasa teknologi tersebut tampaknya bersaing dalam penjualan perangkat keras untuk augmented reality dan virtual reality.

Dalam sebuah rekaman komentarnya selama pertemuan internal yang didapat The Verge, awal bulan ini, Zuckerberg mengatakan kepada karyawan bahwa mereka bersaing dengan Apple untuk menentukan ke arah mana internet harus masuk.

Dia mengatakan bahwa Meta akan memposisikan dirinya sebagai alternatif yang lebih terbuka dan lebih murah dari Apple. Pasalnya, Apple diperkirakan akan mengumumkan headset AR pertama secepatnya pada akhir tahun ini.

"Ini adalah kompetisi filosofi dan ide, di mana mereka percaya bahwa dengan melakukan semuanya sendiri dan mengintegrasikan erat, mereka membangun pengalaman konsumen yang lebih baik," kata Zuckerberg tentang persaingan yang terus berlangsung.

“Dan kami percaya bahwa ada banyak yang harus dilakukan dalam spesialisasi di berbagai perusahaan, dan [itu] akan memungkinkan ekosistem yang jauh lebih besar untuk eksis.”

Baca Juga: Cara Memeriksa dan Memperbaiki Shadowban di Akun Twitter

Sejak mengubah nama perusahaan Facebook menjadi Meta, Zuckerberg telah mendorong konsep yang luas untuk metaverse, atau apa yang dia lihat sebagai teknologi komputasi masa depan setelah smartphone saat ini.

Meta baru-baru ini membantu mendirikan Metaverse Open Standards Group dengan Microsoft, Epic Games, dan lainnya. Intinya, Meta ingin orang dengan mudah bergerak melalui dunia 3D dengan barang virtual mereka di masa depan.

Meskipun CEO Apple, Tim Cook, telah berterus terang tentang minat perusahaan pada AR, Apple masih diam soal rencana perangkat kerasnya. Namun, semua bocoran merujuk pada perilisan headset kelas atas. Meta berencana untuk merilis jenis headset serupa akhir tahun ini, dengan nama kode Cambria, dan juga menyiapkan kacamata AR pertamanya.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Apple Tak Peduli Metaverse, Lebih Penting Headset Mixed Reality

Tech
Event ‘Unpacked’ Samsung Bakal Hadir di Metaverse

Tech
Tencent Optimistis Tiongkok Bakal Mendukung Metaverse