Sport

Cristiano Ronaldo Sulit Dapat Klub Baru, Tiga Tim Cabut Penawaran

Tora Nodisa

Posted on July 28th 2022

Foto: US Sport

Masa depan Cristiano Ronaldo sepertinya bakal suram, sama seperti musim lalu. Sebab keinginannya pergi dari Manchester United, dan bergabung dengan klub yang tampil di Liga Champions Eropa tampaknya belum bisa terpenuhi. Beberapa klub justru mencabut penawaran untuk Ronaldo. Alasannya harga transfer Ronaldo yang terlalu tinggi, serta usianya yang sudah masuk 37 tahun. 

Tim raksasa asal Jerman, Bayern Munich memutuskan untuk tidak mengejar kontrak Ronaldo. Meskimereka tengah mengalami krisis di lini depan setelah Robert Lewandowski pindah ke FC Barcelona. Keputusan tersebut disampaikan oleh Oliver Kahn, selaku CEO Bayern Munich, pada hari Rabu, 27 Juli 2022.

"Kami membahas masalah ini (kemungkinan transfer Ronaldo). Karena jika tidak, kami tidak akan melakukan pekerjaan kami dengan benar (sebagai manajemen tim)," kata Kahn kepada majalah SportBild Jerman. "Saya pribadi menganggap Cristiano Ronaldo sebagai salah satu pesepakbola terhebat yang pernah ada di planet ini. Tapi kami sampai pada kesimpulan bahwa terlepas dari semua penghargaan untuk Cristiano, dia tidak akan cocok dengan filosofi bermain kami."

Masa depan penyerang berusia 37 tahun itu di Manchester United telah menjadi subyek spekulasi setelah menyatakan bahwa dia ingin pindah. Tujuannya aga dia bisa bermain di Liga Champions. Faktanya, pemain asal Portugal tersebut mencetak 24 gol di semua kompetisi untuk Manchester United musim lalu. Tapi mereka finis keenam di liga (English Premier League), dan gagal lolos ke Liga Champions. 

Sejumlah klub telah dikaitkan dengan kepindahan Cristiano Ronaldo. Setelah Bayern Munich mundur, kini giliran Chelsea FC dan Atletico Madrid. Kalau Chelsea tentu sudah jelas, mereka punya manajemen yang baru sepeninggalan Roman Abramovic. Jadi Chelsea sekarah masih dalam masa pemulihan baik secara keuangan dan daftar susunan pemain. Tidak mungkin untuk melakukan pembelian semahal itu.

Agen pemain yang menaungi Ronaldo, Jorge Mendes, mencoba mencari cara agar pemainnya bisa keluar dari MU. Tetapi dengan Bayern Munich dan Chelsea telah mengatakan tidak, maka opsi kepindahan Ronaldo ke klub lain bisa lebih berat lagi. Ditambah lagi, Presiden Klub Atletico Madrid, Enrique Cerezo mengatakan klubnya tidak mampu membeli striker. 

"Saya tidak tahu siapa yang membangun cerita tentang Cristiano Ronaldo pindah ke Atletico Madrid. Itu tidak benar. Praktis tidak mungkin baginya untuk datang ke Atletico Madrid," kata Cerezo dalam sebuah wawancara dengan radio Spanyol. 

Machester United juga menyatakan bahwa penyerang bintang mereka tidak dijual. Ronaldo memiliki satu tahun tersisa di kontraknya dengan nilai £360.000 per pekan, atau setara dengan 5,4 miliar rupiah per minggu. 

Cristiano Ronaldo sendiri dikabarkan sudah kembali ke Manchester pada hari Selasa, 26 Juli 2022, setelah absen dalam tur klub selama 17 hari di Thailand dan Australia. Ronaldo bertemu dengan manajer baru Erik ten Hag untuk pertama kalinya, sejak dia memutuskan untuk pindah ke klub lain. Situasinya memang tidak menguntungkan bagi Ronaldo. Tapi dia berjanji akan tetap bersikap profesional, dan mau bergabung dengan rekan-rekan barunya, seperti Christian Eriksen dan Lizandro Matinez. (*)

Artikel Terkait
Sport
Ini 10 Pemain Berpenghasilan Tertinggi Versi Forbes, Lionel Messi Ada di Puncak

Sport
Lionel Messi Raih Ballon d’Or Ketujuh, Sempat Tak Percaya Bisa Angkat Piala Lagi

Sport
Krisis Striker Murni, Juventus Datangkan Lagi Alvaro Morata