Tech

Cara Memeriksa dan Memperbaiki Shadowban di Akun Twitter

Jingga Irawan

Posted on July 27th 2022

Apakah kalian merasakan penurunan mendadak dalam engagement tweet kalian? Apakah semakin sedikit suka, komentar, dan retweet dari biasanya? Bisa jadi, itu karena shadowban aktif di akun Twitter kalian. Nah, kali ini, MainMain bakal menjelaskan apa itu shadowban dan gimana cara mengatasinya.

Apa itu Shadowban di Twitter?

Shadowbanning di Twitter adalah tindakan membatasi keterlihatan tweet atau akun di pengguna lain. Ini terjadi karena beberapa pelanggaran aturan pengguna yang sudah kalian lakukan di aplikasi Twitter. Dalam kebanyakan kasus, pengguna nggak diberitahu kalau shadowban sedang aktif di akun mereka. Shadowban aktif dapat menyebabkan perubahan pada akun Twitter sebagai berikut:

-Tweet atau seluruh profil nggak terlihat oleh semua orang, termasuk pengikut. Mereka nggak akan dapat melihat posting-an kalian saat ditelusuri di bilah pencarian.

-Balasan kalian ke tweet orang lain tetap nggak terlihat dan ditampilkan di bawah tweet.

-Semua pemberitahuan dari kalian di Twitter dimatikan, pengikut kalian nggak akan menerima peringatan apa pun untuk suka, kiriman, atau retweet kalian.

Tiga jenis shadowban umum yang dihadapi oleh pengguna di Twitter.

-Thread Shadowban: Shadowban semacam ini membatasi visibilitas komentar kalian di utas/tweet Twitter.

-Profile Shadowban: Shadowban ini membatasi visibilitas profil di Twitter dan mencegah pengguna lain menemukan profil dengan mencari.

-Full Shadow: Jenis shadowban ini memblokir kalian sepenuhnya, dan kalian akan tetap nggak terlihat oleh semua orang di platform.

Alasan Kenapa Akun Twitter Bisa Kena Shadowban:

-Kamu terlalu sering menge-tweet, yang membuat algoritme Twitter menganggapmu bot.

-Kamu mungkin telah menggunakan tagar yang sedang tren pada posting-an yang nggak terkait untuk meningkatkan pamor posting-anmu.

-Tweet yang kamu buat mungkin menunjukkan perilaku spam jika kamu terlalu sering mem-posting tweet berdasarkan promosi atau penjualan.

-Kamu mungkin menumbuhkan jumlah pengikut dengan cara yang nggak organik dengan berulang kali mengikuti dan berhenti mengikuti pengguna lain.

Cara Memeriksa Shadowban di Akun Twitter:

1. Buka tab baru di browser web dan akses situs web bernama Shadowban Test.

2. Masukkan nama pengguna Twitter di bilah pencarian dan klik tombol "periksa” untuk melihat akun kalian apakah terkena shadowban aktif.

3. Tunggu beberapa detik untuk memeriksa hasilnya. Jika kalian menemukan shadowban aktif di sini, kalian dapat memperluas larangan terkait untuk mengetahui lebih detail tentangnya.

Cara Mengurangi atau Menghapus Twitter Shadowban

Setelah kalian berhasil mendeteksi keberadaan shadowban aktif di akun Twitter, berikut cara mengatasi atau mengurangi dampaknya.

1. Istirahat dari Twitter & Hindari Tweeting

Metode paling sederhana dan paling efektif untuk menghapus shadowban di akun adalah istirahat dari Twitter dan menghindari mem-posting tweet baru untuk beberapa waktu. Setiap tweet baru dalam periode ini kemungkinan akan berkontribusi pada peningkatan durasi shadowban. Kalian harus diam selama setidaknya 72 jam untuk menghapus shadowban aktif apa pun di profil.

2. Hapus Tweet dan Komentar Nggak Relevan

Untuk menghindari shadowban pada akun di masa mendatang, kalian perlu meninjau dan menghapus semua komentar dan tweet yang nggak relevan dan mungkin telah berkontribusi pada spam. Selain itu, kalian harus menghapus semua balasan untuk posting yang mungkin terlihat nggak pantas. Misalnya, promosi/penjualan, iklan yang nggak relevan, trolling, dll.

3. Hindari Membuat Akun Twitter baru dan Perbarui Akun yang Ada

Membuat akun Twitter baru selama periode shadowban kemungkinan besar merupakan ide yang buruk karena dapat mengakibatkan pemblokiran total kedua akun Twitter. Namun, kalian dapat mengurangi dampak larangan aktif dengan memperbarui gambar profil dan menambahlan informasi dengan data asli, seperti nomor telepon atau email, bukan data palsu.(*)

Foto: Shadow Ban Test

Artikel Terkait
Tech
Bos Twitter Lelang Twit Pertamanya Senilai Rp 35 Miliar, Buat Apa Orang Beli?

Tech
Ogah Di-Tag Sembarangan? Tenang, Twitter Lagi Bikin Fitur Unmention Yourself

Tech
Twitter Lempar Wacana Aneka Pengaturan Privasi, Termasuk Fitur Sembunyikan Akun