Tech

Detail Kamera Google Pixel 7 dan 7 Pro Bocor

Jingga Irawan

Posted on July 27th 2022

Ada beberapa bocoran baru mengungkapkan beberapa detail penting tentang kamera pada smartphone Google Pixel 7 dan 7 Pro mendatang. Perangkat ini diduga menjadi penerus jajaran Google Pixel 6.

Google awalnya memberikan bocoran perangkat Pixel 7-series pada konferensi pengembang I/O pada Mei. Selain ponsel baru, Google juga memberi bocoran kecil Pixel Watch dan Pixel Tabletyang sudah lama dirumorkan melalui acara tersebut, serta meluncurkan Pixel 6a dan Pixel Buds Pro.

Meskipun Google menyembunyikan banyak detail tentang Pixel 7 dan 7 Pro-nya, perusahaan itu mengungkapkan bahwa akan ada perubahan dalam tampilan dan nuansa ponsel tahun ini.

Berbeda dengan Pixel 6, jajaran Pixel 7 akan menggunakan bilah kamera aluminium di bagian belakang untuk memberikan tampilan dan nuansa yang lebih mewah atau premium. Kedua perangkat ini juga diharapkan ditenagai oleh chip Tensor generasi kedua Google yang menawarkan peningkatan kinerja.

Selain itu, seorang pengembang, Kuba Wojciechowski, mengklaim telah melihat konfigurasi perangkat keras kamera untuk Pixel 7, Pixel 7 Pro, Pixel Tablet, dan perangkat kejutan saat menggali melalui kode Google. Semuanya memiliki detail kamera kelas atas.

Menurut utas Twitter, kedua ponsel akan menggunakan sensor ISOCELL GN1 50 megapiksel Samsung sebagai kamera utama dan sensor IMX381 12 megapiksel Sony sebagai kamera ultra lebar, seperti seri Pixel 6.

Selain itu, Pixel 7 Pro akan hadir dengan sensor Samsung ISOCELL GM1 48 megapiksel untuk kamera telefoto, bukan sensor Sony IMX586 48MP yang ada di Pixel 6 Pro. Di bagian depan, kedua perangkat akan memiliki sensor Samsung ISOCELL 3J1 11MP untuk selfie dan obrolan video.

Wojciechowski juga membagikan detail soal sensor kamera di Pixel Tablet. Perangkat yang kabarnya diluncurkan tahun depan itu dilaporkan akan memiliki dua sensor Sony IMX355. Satu di depan dan satu di belakang. Sensor itu telah digunakan oleh Google di perangkat sebelumnya, termasuk Pixel 6, yang berfungsi sebagai kamera selfie.

Bersamaan dengan perangkat yang disebutkan di atas, Wojciechowski juga berbagi temuan tentang perangkat Pixel yang tak dikenal dengan nama kode “Lynx.” Bisa jadi itu adalah model ponsel Pixel kelas atas lainnya yang mungkin dimiliki Google untuk tahun ini. Perangkat itu kabarnya juga dilengkapi dengan sensor utama Samsung GN1. Sama seperti Pixel 7.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Email Masuk ke Spam

Perangkat itu juga akan membawa sensor Sony IMX787 64-megapiksel, yang berguna untuk pemotretan telefoto, sedangkan Sony IMX712 13-megapiksel akan menjadi kamera selfie.

Namun, ada lagi perangkat misterius dengan kode “Pipit” atau “Passport.” Empat sensornya adalah GN1, IMX363, IMX386 dan IMX355. Menariknya, sensor kedua dari belakang terdaftar sebagai “FOLDED” tetapi tak diketahui apakah itu ada hubungannya dengan Pixel Fold yang banyak dikabarkan.

Ini semua adalah bocoran berdasarkan detail yang digali dalam kode. Tetapi tak semuanya akurat atau masih dapat berubah sebelum diluncurkan. Sementara itu, Pixel 7 dan 7 Pro diprediksi akan rilis pada Oktober 2022.(*)

Foto: Google

Artikel Terkait
Tech
Tak Sekadar Mengambil Gambar, Ini 5 Fungsi Lain Kamera Ponsel yang Wajib Tahu

Tech
Google Pixel 6 & 6 Pro Akhirnya Rilis, Ini Detail Fitur dan Harganya!

Tech
Surprise! Samsung Bakal Adakan Event Teknologi Pekan Depan