Interest

Studi Baru Ungkap Kemungkinan Penyebab Kasus Hepatitis Akut Pada Anak-anak

Dwiwa

Posted on July 26th 2022

Kasus hepatitis akut di kalangan anak-anak sempat menghebohkan dunia beberapa waktu lalu. Penyebab pasti dari penyakit ini pun belum diketahui sampai sekarang. Namun baru-baru ini studi mengungkap kemungkinan penyebabnya terkait dengan virus umum pada masa kanak-kanak.

Dilansir Reuters, negara-negara di seluruh dunia mulai melaporkan kasus peradangan hati yang parah, atau hepatitis yang tidak diketahui asalnya, pada anak-anak pada April 2022. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya 1.010 kasus kini telah ditemukan di 35 negara. Secara total, 46 anak membutuhkan transplantasi hati dan 22 meninggal.

Ketika kasus awal terjadi, para ahli memprediksi bahwa adenovirus terkait dengan wabah tersebut. Ini merupakan sejenis virus yang menyebabkan flu pada umumnya. Tetapi dua penelitian independen dari para peneliti Inggris mengungkap hal lain.

Studi yang dipimpin oleh University of Glasgow dan Great Ormond Street Hospital di London telah menyebut bahwa virus umum lainnya, adeno-associated virus 2 (AAV2), muncul dalam banyak kasus. Ini kemungkinan terlibat dalam komplikasi hati yang jarang namun parah. Studi telah diposting di server pra-cetak sebelum ditinjau rekan sejawat.

Para peneliti mengatakan tidak jelas apakah AAV2 yang ditemukan dalam sampel dari anak-anak merupakan indikator infeksi adenovirus sebelumnya atau penyebab tersendiri. Jenis virus ini biasanya tidak menyebabkan penyakit dan tidak dapat bereplikasi tanpa virus pembantu, seperti adenovirus.

Mereka mengatakan koinfeksi dengan AAV2 dan adenovirus, atau lebih jarang virus herpes HHV6, adalah penjelasan yang masuk akal untuk kasus hepatitis yang tidak diketahui asalnya di antara anak-anak. Perlu lebih banyak penelitian.

AAV2 hadir di 96 persen kasus pada kedua studi, yang secara bersama-sama terlibat dalam 37 kasus di Inggris serta kelompok kontrol. Para peneliti Skotlandia juga menemukan perbedaan dalam gen Human Leukocyte Antigen pada anak-anak yang sakit parah.

Alasan di balik waktu kemunculan wabah masih belum jelas. Tetapi kedua tim menyebut bahwa terjadinya puncak kasus adenovirus setelah lockdown virus Corona dicabut bisa menjadi faktor.

Kedua penelitian juga menyimpulkan bahwa Covid-19 sangat tidak mungkin terkait. Sebab, peningkatan kasus tidak mengikuti puncak Covid-19, tidak ada bukti SARS-Cov-2 yang ditemukan di hati, dan proporsi anak yang memiliki antibodi serupa ada di antara populasi yang lebih luas. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Current Issues
Masih Menjadi Misteri, Ini 6 Dugaan Penyebab Hepatitis Akut

Current Issues
Benarkah Adenovirus Jadi Penyebab Hepatitis Akut Misterius?

Current Issues
WHO: Lebih dari 900 Kasus Dugaan Hepatitis Akut Dilaporkan Pada Anak-anak