Tech

Pengguna Buat Petisi Agar Instagram Berhenti Meniru TikTok, Kylie Jenner Gabung

Jingga Irawan

Posted on July 26th 2022

Kalau kalian merasa Instagram sudah berubah, kalian nggak sendirian. Ratusan ribu atau bahkan jutaan pengguna lain juga merasa kok. Tetapi ini bukan cuma perasaan yang muncul begitu saja, ya. Aplikasi milik Meta itu memang saat ini mengejar fitur dalam aplikasinya agar semakin mirip TikTok.

Awal tahun ini, CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan ada perubahan pendekatan yang akan datang. Termasuk menyortir konten dalam feed pengguna, diluncurkannya Reels dan tampilan layar video penuh.

Saat ini, semakin banyak feed utama Instagram sekarang didominasi oleh posting-an – terutama klip video pendek – dari profil yang nggak kalian ikuti, bener nggak? Sehingga, lebih sulit untuk mengikuti perkembangan konten dari orang yang sebenarnya kalian ikuti di aplikasi. Misalnya, sahabat atau idola kalian.

Pendekatan itu memang sukses besar bagi TikTok. Aplikasi asal Tiongkok tersebut berhasil membuat pengguna tetap scrolling dengan fitur for you. Bagian itu menampilkan sejumlah konten menarik yang dapat ditunjukkannya kepada pengguna meskipun kalian nggak mengikuti mereka. Tetapi nggak selamanya fitur serupa akan disukai pengguna.

Nah, sekarang, banyak pengguna Instagram yang kurang puas dengan pengalaman baru ini. Lebih dari 100.000 pengguna menandatangani petisi Change.org baru yang menyerukan agar Instagram kembali seperti semula.

Petisi itu diluncurkan oleh influencer dan fotografer Tati Bruening, yang ingin aplikasi Instagram kembali sebagai aplikasi berbagai foto. Dan dua suara lainnya yang juga sangat berpengaruh kini ikut setuju dengan pendapat tersebut, yakni Kylie Jenner dan Kim Kardashian.

Mereka menjadi beberapa orang paling berpengaruh di kalangan pengguna muda. Dengan lebih dari ratusan juta pengikut di Instagram. Ketika mereka berbicara, orang-orang mendengarkan, dan dukungannya terhadap petisi telah membantu memicu ribuan orang lainnya untuk mendukung.

Kembali pada tahun 2018, Kylie Jenner men-tweet komentar serupa sehubungan dengan desain ulang Snapchat. Saat itu, desainnya juga nggak disukai banyak orang. Entah kebetulan atau memang mempengaruhi, komentar tersebut disusul penurunan mendadak saham Snap.

Pengguna Snapchat juga memulai petisi yang telah ditandatangani oleh 1,2 juta pendukung agar Snapchat kembali ke format aslinya. Snapchat memang mengalihkan beberapa fitur, dan menyempurnakan pendekatannya sejak saat itu, sesuai dengan permintaan pengguna.

Apakah Instagram juga akan kembali ke bentuk aslinya? Kita nggak tahu. Tetapi kalau kalian ingin ikut menyuarakan pendapat kalian dan berharap Instagram mendengarkan, kalian bisa tanda tangani petisi tersebut dengan klik tautan di sini.(*)

Artikel Terkait
Tech
Dikritik Kylie Jenner, CEO Instagram Buka Suara Soal Aplikasinya

Tech
Yuk Coba Lensa AI, Aplikasi Filter AI yang Lagi Viral di TikTok dan Instagram

Tech
Instagram Putuskan Fokus ke Konten Video, Bukan Lagi Media Sharing Foto