Tech

WhatsApp untuk iOS Bakal Menampilkan Anggota Grup Chat yang Sudah Keluar

Jingga Irawan

Posted on July 25th 2022

Bagi mahasiswa dan pekerja kantor, WhatsApp sudah menjadi rumah kedua. Untuk itu, perusahaan terus mengembangkan fitur baru dalam aplikasi.

Setelah memperluas kapasitas member yang tersedia dalam grup, aplikasi ini sedang mengembangkan fitur agar pengguna bisa keluar dari grup secara diam-diam tanpa pemberitahuan kepada anggota grup lainnya.

Sekarang, WhatsApp berencana menghadirkan fitur lain yang juga penting untuk grup chat. Fitur baru tersebut berfungsi untuk melihat kembali anggota grup yang pernah bergabung. Itu termasuk pengguna yang sudah left.

Seperti yang ditemukan WABetaInfo, setelah memulai pengembangan fitur tersebut untuk aplikasi Android, perusahaan juga sedang berupaya untuk menghadirkan fungsi ini kepada pengguna aplikasi iOS. Dengan fitur past participants, pengguna WhatsApp dapat melihat siapa yang keluar atau dikeluarkan dari grup dalam 60 hari terakhir.

Foto: WABetaInfo

Akan ada opsi baru yang terlihat di bagian bawah daftar peserta grup di pembaruan mendatang. Bagian itu berfungsi agar pengguna melihat siapa yang pernah menjadi peserta grup di masa lalu. Meskipun nantinya ada opsi untuk meninggalkan grup diam-diam, dengan fitur ini akan lebih mudah untuk melacak siapa yang meninggalkan grup WhatsApp.

Sayangnya, daftar tersebut dapat dilihat oleh semua orang di grup. Jadi, tak hanya oleh admin grup. Namun karena fitur ini sedang dalam pengembangan, cara kerja fitur dapat berubah sebelum rilis sesuai dengan feedback banyak pihak.

Baca Juga: Cara Mengirim Pesan WhatsApp ke Orang Lain Tanpa Menyimpan Nomornya

Baru-baru ini, WhatsApp mulai meluncurkan emoji reaction lebih banyak. Sehingga pengguna bisa memberi reksi terhadap pesan menggunakan semua emoji. Selain itu, perusahaan akhirnya menyediakan kemampuan untuk mentransfer riwayat chat dari Android ke aplikasi iOS melalui aplikasi Move to iOS.

Jajaran fitur tersebut merupakan fungsi yang paling banyak diminta pengguna. Dan butuh waktu bertahun-tahun bagi WhatsApp untuk mengimplementasikannya dua arah. Sekarang, pengguna yang berencana untuk pindah dari ponsel Android ke iPhone (dan sebaliknya), bisa menyimpan semua riwayat obrolan mereka.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
WhatsApp Rilis Fitur Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu

Tech
Chat WhatsApp Kini Bisa Ditransfer dari Android ke iPhone

Tech
Sekarang Kirim Voice Note Lewat WhatsApp Bisa Dicek Lebih Dulu