Interest

Ada Janji Kencan? Coba Pakai Warna Ini Agar Lebih Atraktif

Dwiwa

Posted on July 24th 2022

Memilih baju untuk bertemu dengan orang istimewa sering membutuhkan waktu yang cukup lama, terutama untuk para gadis. Selain dari desainnya, warna juga menjadi salah satu pertimbangan bagi banyak orang. Dan tahukah kalian kalau ada warna tertentu yang bisa membuat seseorang jadi lebih atraktif?

Dilansir Bestlife, sebuah studi baru-baru ini mengamati fenomena preferensi warna dan menemukan bahwa ada satu rona spesifik yang mungkin membuat kalian jadi lebih menarik.

Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam jurnal Color Research & Application berusaha untuk menentukan apa yang dipandang sebagai warna paling menarik yang dapat dikenakan seseorang.

Ada 14 warna Pantone yang dipilih untuk dievaluasi berdasarkan warna yang paling sering disebutkan dalam penelitian sebelumnya. Mereka juga mengumpulkan 146 responden untuk mengisi kuesioner online mengenai daya tarik dan ketidaktertarikan dalam hal warna.

Hasilnya, warna yang paling menarik dalam hal fashion adalah hitam. Warna paling menarik kedua adalah pink, disusul dengan warna kuning. Di sisi lain, dua warna yang paling tidak menarik yang dapat dikenakan seseorang adalah abu-abu, diikuti oleh cokelat.

 

Popularitas warna hitam meningkat dalam beberapa tahun terakhir

Hitam biasanya tidak menduduki puncak daftar preferensi warna dalam studi warna sebelumnya. Menurut studi tersebut ini karena warna hitam sering dikaitkan dengan asosiasi negatif.

Namun para peneliti menjelaskan bahwa mereka bertujuan untuk menunjukkan tren preferensi warna baru di era digital dengan studi baru mereka. Dan jelas bahwa popularitas warna hitam telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, baik di kalangan desainer maupun konsumen.

Studi tersebut mengutip analisis terbaru dari perusahaan Edited yang melihat lebih dari 183.000 gaun yang dijual online di AS. Mereka menemukan bahwa 38,5 persen berwarna hitam dalam beberapa hal.

Analisis ini juga mengungkapkan bahwa dari 2014 hingga 2017, jumlah pakaian hitam yang dijual kepada wanita meningkat secara signifikan di beberapa merek fesyen cepat, termasuk di Boohoo sebesar 269 persen, Zara sebesar 145 persen, dan H&M sebesar 114 persen.

"Jelas, orang yang berpakaian serba hitam mencerminkan sistem mode modern di mana memakai warna hitam telah menjadi mode," kata para peneliti dalam penelitian mereka.

Hasil studi juga menunjukkan bahwa peserta cenderung lebih menyukai warna khas, seperti hitam, pink, dan kuning. Tapi itu bukan satu-satunya alasan mengapa mengenakan pakaian hitam dapat membuat kalian lebih menarik. Para ahli mengatakan warna ini sering membuat orang tampak seolah-olah memiliki sifat atau kualitas yang biasanya dianggap diinginkan.

"Hitam diasosiasikan dengan kekuasaan dan otoritas. Mengenakan warna hitam mungkin secara tidak sadar memberi kesan kepada orang lain bahwa kalian adalah seseorang yang kuat dan berkuasa," jelas Ashley Grader, pakar kecantikan yang mengelola situs direktori sekolah kecantikan. "Dan orang-orang yang berada di posisi kekuasaan dan otoritas sering dianggap lebih menarik daripada mereka yang tidak."

Amber Lee, pakar hubungan selama lebih dari 20 tahun dan CEO Select Date Society, mengungkapkan bahwa dia cenderung merekomendasikan klien perjodohannya untuk mengenakan warna hitam pada kencan pertama.

"Kami sering menyarankan agar wanita mengenakan gaun hitam dan pria memilih kemeja hitam atau blazer hitam," katanya. "Kalian tidak bisa salah dengan warna hitam, jadi memilih pakaian kencan yang bagus itu mudah. Hitam itu elegan, canggih, dan berkelas."

 

Ada banyak hal yang bisa membuatmu lebih menarik

Gagasan tentang daya tarik selalu berubah dan dapat didasarkan pada sejumlah faktor yang berbeda. Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini menemukan bahwa warna mata tertentu lebih menarik daripada yang lain: biru untuk pria dan cokelat untuk wanita.

Pada tahun 2021, para peneliti menemukan bahwa bahkan nama dapat membuat kalian lebih diinginkan. Disebutkan Anna menjadi nama paling umum di antara model terkenal, dan David atau Dave menjadi yang paling umum di antara model pria.

Tentu saja, daya tarik juga berubah selama pandemi. Sebuah studi dari Januari 2022 menemukan bahwa mengenakan masker wajah medis biru dapat membuat kalian terlihat lebih diinginkan orang lain. (*)

 

Foto: Pexels

Artikel Terkait
Interest
Menurut Survei, Banyak Gen Z Rela Ngutang Demi Kencan. Kalian Juga?

Interest
Warna Pakaian Ini Bikin Kalian Lebih Dipercaya Orang

Interest
Ingin Merasakan Kencan Ala Film Romantis? Coba Ikut Program Kencan dari Eva Air