Tech

Chromebook Bakal Bisa Digunakan Jadi Hotspot Seluler

Jingga Irawan

Posted on July 24th 2022

Pengguna gadget sering kali menggunakan hotspot dari HP untuk membantu perangkat lain agar bisa terhubung dengan jaringan internet. Namun, masa tersebut kemungkinan segera berakhir dari hidup kalian.

Banyak Chromebook — dan laptop pada umumnya — dijual dengan dukungan SIM bawaan untuk terhubung ke jaringan yang sama dengan ponsel. Dengan begitu, laptop dapat memiliki akses asli ke data seluler dan pada dasarnya terhubung ke mana saja.

Tetapi Chromebook, perangkat yang harusnya selalu terhubung ke internet memiliki satu kekurangan. Yakni tak memiliki kemampuan hotspot. Nah, sekarang, Google akan menyiapkan perangkat Chromebook agar bisa digunakan sebagai hotspot pada pembaruan di masa mendatang.

Sebagaimana laporan 9to5Google, Google sedang bekerja untuk menambahkan fitur yang memungkinkan pengguna mengaktifkan hotspot tethering. Sehingga Chromebook bisa membagikan koneksi internet selulernya ke perangkat lain melalui WiFi.

Agaknya, ini akan berfungsi sama seperti saat ini di ponsel Android dan pada dasarnya perangkat apa pun dengan kemampuan hotspot. Menurut Android Police, kalian juga dapat mengatur nama jaringan (SSID), kata sandi khusus, dan tergantung pada perangkatnya.

Baca Juga: Tak Bisa Akses Akun? Tenang, Instagram Siapkan Fitur Agar Teman Bisa Konfirmasi

Google mungkin bisa saja menambahkan kemampuan hotspot tathering sejak awal. Terutama karena fitur tersebut telah ada selama bertahun-tahun di ponsel Android dan PC. Tetapi, Chromebook bukan menjadi perangkat seluler utama yang akan dibawa oleh orang biasa. Bahkan terlalu besar jika hanya dibutuhkan untuk sekadar hotspot.

Meskipun begitu, fitur ini masih akan berguna untuk beberapa hal, seperti berbagi koneksi dengan teman yang menggunakan laptop Wi-Fi saja atau jika ponsel kalian sudah mencapai batas kuota untuk bulan tersebut. Fitur ini mungkin akan muncul di ChromeOS canary build lebih cepat.(*)

Foto: Google

Artikel Terkait
Tech
Sejumlah Negara di Eropa Mulai Pakai Teknologi Pelacakan Covid-19 Google x Apple

Tech
Apa itu Chromebook?

Tech
Google Resmi Hubungkan Jaringan Internet Eropa-AS via Kabel Bawah Laut 'Dunant'