Entertainment

Sehabis Dream Theater Tampil di Solo, Petrucci dan Portnoy Konser Bareng Lagi

Tora Nodisa

Posted on July 24th 2022

Foto: Rock Celebrities

Band progresif metal asal Boston, Amerika Serikat, Dream Theater akan tampil di Solo pada 10 Agustus 2022. Lokasi tepatnya di Parkir A dan B, Stadion Manahan, Solo. Ini merupakan rangkaian "Top Of The World Tour". Tapi yang menarik justru jadwal setelahnya. Karena mantan drummer-nya, Mike Portnoy bakal konser bareng dengan John Petrucci. Padahal mereka sudah tidak pernah tampil bersama lagi selama 11 tahun. 

Mike Portnoy termasuk pendiri Dream Theater. Karena sejak tahun 1985, dia bersama dua rekannya, yaitu John Petrucci dan John Myung, mengawali perjalanan mereka dengan membawa nama Majesty hingga tahun 1987. Kemudian saat album pertama mereka rilis di tahun 1989, band ini berganti nama menjadi Dream Theater. 

Soal pergantian personel, Dream Theater terbilang tidak banyak. Keyboardis hanya ganti dua kali. Kevin Moore masuk tahun 1986 dan keluar di tahun 1994. Kemudian digantikan Derek Sherinian hingga tahun 1999. Lalu setelah itu, masuk Jordan Rudess hingga sekarang. Vokalis awalnya bernama Chris Collins, lalu digantikan Charlie Dominici (1987-1989). Dan, sampai sekarang, yang dikenal sampai sekarang adalah James LaBrie. 

Pada dasarnya, pergantian personel di Dream Theater sebelumnya, tidak terlalu berpengaruh pada warna musim mereka. Tapi pada tahun 2011, band ini mengalami titik terendah di mana Mike Portnoy memilih hengkang. Padahal mereka baru saja mengeluarkan album berjudul "Black Clouds & Silver Linings". Isu keretakan Dream Theater dipicu oleh perseteruan Portnoy dan LaBrie. Sehingga mereka berdua tidak saling berbicara selama 11 tahun. 

Dream Theater melanjutkan jalannya dengan menarik Mike Mangini sebagai drummer baru, yang didapatkan dari audisi. Sementara Portnoy sibuk dengan proyek-proyek pribadinya. Termasuk membentuk band power trio pada tahun 2012 bernama The Winery Dogs bersama Richie Kotzen dan Billy Sheehan. Kotzen adalah seorang solo gitar yang pernah menggantikan Paul Gilbert di band Mr. Big pada tahun 1992. Sedangkan Sheehan sampai sekarang masih tercatat sebagai bassist Mr. Big. The Winery Dogs sendiri aktif sampai tahun 2019 dengan mengeluarkan tiga album studio. 

Kembali ke urusan Portnoy dan Dream Theater. Ternyata selama 11 tahun, Portnoy tidak pernah melihat konser band yang pernah membesarkana namanya. Sampai akhirnya setelah pandemi, dan Dream Theater mengadakan konser, Portnoy memberanikan diri untuk menonton rekan-rekannya tampil. 

"Seperti diketahui banyak orang, saya tidak berbicara dengannya (James LaBrie) sejak saya meninggalkan band. Tetapi kami bertemu lagi setelah 11 tahun. Saya masuk ke ruang ganti, dan dalam 10 detik, drama selama 11 tahun itu, dan segala omong kosongnya telah hancur," kata Portnoy, dalam sebuah wawancara dengan mariskalrock.com

Portnoy mengakui bahwa dirinya punya ketakutan terbesar. Dia tidak siap secara mental, ketika rekan-rekannya tampil bersama drummer lain. Namun melihat Mike Mangini menggantikan perannya, Portnoy merasa bahwa dia orang yang tepat berada di Dream Theater sekarang. "Mangini jelas telah mempelajari bagian-bagian drum yang saya mainkan. Dia orang yang tepat, dan melakukannya dengan baik. Tidak ada keraguan bahwa dia drummer yang luar biasa," ungkap Portnoy. 

Menariknya, di saat hubungan Portnoy dan semua personel Dream Theater mencair, John Petrucci dengan mudah bisa mengajaknya konser lagi. Petrucci justru semakin produktif di tengah pandemi dengan mengeluarkan album solo instrumental keduanya yang berjudul "Terminal Velocity" di tahun 2020. Dalam penggarapan album tersebut Petrucci mengajak Jordan Rudess (Dream Theater), serta dua mantan anggota band tersebut, yaitu Derek Sherinian dan Mike Portnoy. Sementara di posisi bassist, ada Dave LaRue yang dikenal sebagai anggota Dixie Dregs dan Steve Morse Band. 

Tetapi untuk tur solo album ini, John Petrucci hanya mengajak Portnoy dan LaRue saja. Konser tersebut dijadwalkan pada bulan Oktober 2022. Semua penggemar Dream Theater tentu berharap Portnoy bisa kembali ke band lamanya. Tapi sangat sulit dilakukan, karena adanya kontrak profesional di antara anggota band tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan kalau Portnoy bakal muncul di konser Dream Theater sebagai tamu spesial. (*)  

Artikel Terkait
Entertainment
John Petrucci Reuni dengan Mike Portnoy, Tapi Bukan di Dream Theater

Entertainment
RRI Fest, Cara RRI Gaet Anak Muda Lewat Musik

Sport
Timnas 3x3 Indonesia Hanya Bawa Satu Perunggu dari SEA Games 2022