Sport

Pencapaian Marc Marquez Setelah Satu Dekade di MotoGP

Tora Nodisa

Posted on July 21st 2022

Foto: MotoGP.com

Pada bulan Juli 2012, Marc Marquez secara resmi menandatangani kontrak dua tahun dengan tim Repsol Honda. Dia menggantikan Casey Stoner yang pensiun, serta menjadi tandem Dani Pedrosa. Tak butuh waktu lama bagi Marquez untuk menggeser posisi Pedrosa sebagai pembalap utama Repsol Honda di MotoGP. Lalu, setelah 10 tahun berlalu Marquez malah menyandang gelar pembalap paling sukses sepanjang masa. 

Marc Marquez, tanpa diragukan lagi, adalah salah satu pembalap terbaik yang pernah ada. Pembalap kelahiran Cervera, Spanyol tersebut telah menunjukkan bakat yang mengesankan di sirkuit balap. Dia sudah delapan kali memenangkan kejuaraan dunia balap motor, termasuk enam kali juara dunia MotoGP. Tahun ini, Marquez merayakan 10 tahunnya berkarier di kelas utama MotoGP. 

Marquez awalnya bersinar di kelas 125 cc dan Moto2. Dia menjadi juara kelas 125cc pada tahun 2010 bersama tim Derbi. Kemudian pada tahun 2012, Marquez juara Moto2 bersama tim Suter. Karena prestasinya terus naik, maka Honda Racing Corporation (HRC) menawarkan kontrak untuk bergabung dengan tim Repsol Honda. Kontrak Marquez dan Honda ditandatangani pada tanggal 12 Juli 2012. 

Dalam debutnya di kelas utama, tepatnya di Qatar Grand Prix 2013, pembalap dengan nomor start 39 itu berhasil naik podium di posisi ke-3. Marquez juga mencatatkan lap tercepat balapan di sirkuit Losail. Penampilannya di Losail hanyalah sekilas tentang apa yang akan datang. Pada musim 2013 ini, Marquez menjadi juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya. 

Marquez menjadi pembalap kedua, setelah Kenny Roberts di tahun 1978, yang mampu memenangkan MotoGP di musim pertamanya. Marquez juga menjadi juara MotoGP termuda, karena mengunci gelar juara di usia 20 tahun lebih 266 hari. Pada tahun 2014 segalanya menjadi lebih baik bagi Marquez. Dia mulai menguasai perburuan gelar juara dengan memenangkan 10 balapan pertama. Marquez mengunci gelar juara MotoGP 2014 dengan memenangkan 13 dari 18 balapan.  

Rekor demi rekor dibuat Marquez, sampai akhirnya dia menjuarai 4 seri MotoGP berikutnya yaitu di tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019. Sampai saat ini, Marquez sudah balapan sebanyak 148 kali, dengan 62 kali pole position, dan 59 kali mencetak lap tercepat. Sejak musim 2013 hingga sekarang Marquez sudah memenangkan 59 kali balapan dan 99 kali naik podium. 

Dia adalah salah satu dari empat pembalap yang telah memenangkan gelar juara dunia dalam tiga kategori berbeda (125cc, Moto2, MotoGP), setelah Mike Hailwood, Phil Read, dan Valentino Rossi. Marquez menjadi pembalap Spanyol ketiga setelah lex Criville dan Jorge Lorenzo yang memenangkan gelar kelas utama, dan merupakan pembalap Spanyol paling sukses di MotoGP hingga saat ini. 

Marquez sering dianggap sebagai salah satu inovator terbesar dari balap MotoGP modern. Sebab dia memiliki teknik menikung yang berlebihan, sehingga tampak sangat berbahaya. Tapi Marquez mampu melakukannya, meski beberapa kali memang terlihat dia tergelincir karena hal tersebut. 

Selama bertahun-tahun kita menyaksikan Marc Marquez balapan, bahkan mengalami kecelakaan. Tapi dia tetap bisa bangkit. Namun pada Grand Prix pertama yang digelar di sirkuit Jerez Angel Nieto, di tengah pandemi, Marc Marquez, di pintu keluar tikungan 4 trek Andalusia, pebalap Repsol Honda itu mengalami kecelakaan yang cukup parah, sehingga mengakibatkan patah tulang humerus kanan (tulang lengan). 

Operasi dilakukan sampai tiga kali yang membuatnya absen hingga musim 2021. Ketika dia kembali, tepatnya di GP Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Marquez selalu menunjukkan kalau dirinya tidak nyaman. Rasa sakit membuatnya kesulitan, dan terlihat Marquez menggunakan cara yang berbeda dalam berkendara. Sehingga penampilannya kurang maksimal. 

Memasuki musim 2022, atau yang kesepuluh di MotoGP dan bersama Repsol Honda, semua berharap melihat Marc Marquez kembali mendominasi. Namun kenyataannya tidak demikian. Dia malah mengalami kecelakaan buruk di GP Indonesia, yang membuatnya harus menjalani operasi keempat. Terlepas dari usahanya untuk pulih dari operasi, kita semua berharap Marquez bisa kembali tampil seratus persen untuk musim depan. (*)

Artikel Terkait
Sport
Honda Resmi Rekrut Alex Marquez

Sport
Marc Marques Tunjukkan Bekas Operasi, Netizen Ngilu

Sport
Marc Marquez Sebut Honda RC213V Tak Kompetitif Lagi