Interest

Jakarta Jadi Kota dengan Polusi Tertinggi di Indonesia Versi IQ Air

Dwiwa

Posted on July 18th 2022

Sudah bukan rahasia jika Jakarta menjadi salah satu kota dengan polusi tinggi di Indonesia. Bahkan ibu kota menempati posisi teratas dari sepuluh kota besar dengan polisi tertinggi di Indonesia.

Dilansir Antara, laman resmi IQ Air mencatat indeks kualitas udara di Jakarta mencapai angka 180. Angka ini lebih buruk dibanding dengan beberapa kota besar lain seperti Surabaya (Jawa Timur-indeks kualitas udara 159) di posisi dua, dan Bekasi (Jawa Barat-indeks kualitas udara 129) di posisi empat berdasarkan pantauan pukul 07.45 WIB.

Dalam penjelasannya, IQ Air menyebutkan jika kualitas udara Jakarta masuk kategori tidak sehat karena saat ini konsentrasi Particulate Matter (PM)2.5 berada pada angka 111.5 mikrogram per meter kubik atau 22,3 kali di atas nilai pedoman kualitas udara tahunan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Bahkan pos pemantauan di Pesing, Jakarta Barat menunjukkan IQ Air berada pada kategori berbahaya (indeks kualitas udara 348) dengan konsentrasi PM2.5 berada pada angka 298 mikrogram per meter kubik.

Kemudian di Wisma Matahari Power, pos pemantauan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, IQ Air memperlihatkan kualitas udara  pada kategori sangat tidak sehat (indeks kualitas udara 218) dengan konsentrasi PM2.5 berada pada angka 168 mikrogram per meter kubik.

Sedangkan pos pemantauan di Jakarta Utara, seperti Jalan Puri  Jimbaran 2 dan Jalan Pasir Putih II  di Ancol Pademangan, dan Pantai Mutiara di Pluit, Penjaringan, kualitas udaranya menurut IQ Air berada pada kategori tidak sehat dengan indeks kualitas udara antara 188 (Pantai Mutiara) hingga 196 (Jimbaran 2).

Sebagai informasi, PM 2.5 merupakan polutan udara yang berukuran sangat kecil, yakni hanya mencapai 2,5 mikrometer saja. Ukurannya yang sangat kecil membuat orang tidak sadar akan keberadaannya dan sering tanpa sengaja menghirupnya. Padahal jika terhirup, partikel ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan, terutama paru-paru. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Polusi Udara Meningkat Cepat di Kota yang Sedang Berkembang

Interest
Polusi Udara Mungkin Turunkan Harapan Hidup Sampai 9 Tahun di India

Current Issues
Selamat Hari Bumi! Ini 5 Hal yang Kita Pelajari dari Bumi Setahun Terakhir