Interest

5 Tanaman Hias yang Membantu Mengurangi Stres dan Cemas

Soffya Ranti

Posted on July 18th 2022

Tanaman hias punya banyak fungsi. Ttak hanya menambah nilai estetika sebuah ruangan, tanaman juga dapat meningkatkan kualitas udara. Bahkan memperbaiki suasana hati kita.

Menurut pakar perkebunan BillyOh  dari Inggris, merawat tanaman dengan benar dan rajin bermanfaat untuk mengurangi stres dan membuat emosi seseorang lebih stabil.

Berikut ini lima tanaman yang bisa membantu mengurangi stres.

1. Peppermint

Foto gratis dari Permen

Tanaman Peppermint dipercaya bisa mengurangi rasa frustasi dan meningkatkan kewaspadaan. Kandungan menthol di tanaman dapat membantu juga merilekskan otot. Cobalah buat teh hangat dan campurkan beberapa potong peppermint segar. Kandungan menthol akan membantu pikiranmu lebih rileks dan mengurangi ketegangan otot.

2. Chamomile

Foto gratis dari Bunga-bunga

Chamomile berkhasiat untuk meningkatkan kualitas tidur. Sejak dulu, tanaman ini dikenal karena bisa mengurangi kecemasan. Selain cantik dipajang, tanaman ini bisa dikonsumsi dengan dicampur teh hangat. Membantumu mengurangi peradangan, stres, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga: Selain Cantik, 7 Tanaman Hias Ini Punya Manfaat Baik Diletakkan di Kamar Tidur

3. Lavender

Foto gratis dari Lavender

Lavender tak asing lagi dijadikan sebagai tanaman hias yang cantik untuk hiasan rumah. Memiliki aroma yang kalem dan warna ungu yang menenangkan juga membantu mengurangi kecemasan dan stres yang kamu alami. Lavender mudah ditanam baik sebagai tanaman hias indoor atau di perkebunan.

4. Melati

Foto gratis dari Minum

Bunga melati dikenal memiliki wewangian yang semerbak. Wangi ini juga dapat merilekskan pikiran. Kamu bisa menanam tanaman melati secara indoor dan letakkan di kamar tidur. Sama seperti Chamomile, bunga melati bisa dikombinasikan dengan teh hangat yang segar.

5. Bunga krisan

Foto gratis dari Bunga-bunga

Bunga krisan yang indah jadi salah satu tanaman hias yang bisa membantu mengurangi gejala anxiety dan stres. Manfaat semakin terasa jika kamu menyeduhnya dengan campuran teh yang hangat. Tak hanya membantu merilekskan  dan meningkatkan metabolisme tubuh. (*) 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Selain Cantik, 7 Tanaman Hias Ini Punya Manfaat Baik Diletakkan di Kamar Tidur

Interest
Siapa Tandingan Asus Zenfone Max Pro M1?

Interest
Smartwatch untuk Deteksi Infeksi Virus Sebelum Gejala Muncul