Lifestyle

5 Cara Menghadapi Orang Toxic biar Kita Nggak Terbawa Emosi

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 17th 2022

Ada banyak banget jenis manusia di muka bumi ini, salah satunya orang yang toxic alias teramat menyebalkan. Bisa jadi orang toxic ini memang punya kondisi high-conflict personalities, orang dengan perilaku yang kurang dapat diterima dan kemungkinan punya masalah kepribadian.

Nah, ada beberapa tips buat menghadapi orang toxic biar kita gak bikin diri sendiri stres, sepeti yang dilansir Psychology Today.

1. Penerimaan radikal

Terkadang kita gak bisa mengharapkan seseorang bisa berubah karena itu di luar kemampuan kita. Maka dari itu, yang bisa dilakukan adalah radical acceptance atau penerimaan secara all in. Kita menerima kondisi dan seseorang apa adanya tanpa mengharapkan adanya perubahan.

Kita menyadari bahwa mungkin seseorang tersebut gak akan berubah. Yang bisa berubah hanya strategi kita menghadapi orang tersebut, termasuk dengan cara membangun batasan.

2. Menciptakan batasan

Batasan bukan hanya fisik, tapi bisa juga secara emosional. Kalau secara fisik jelas kita bisa pindah ke tempat tertentu. Secara emosional bisa dengan membatasi call maksimal 15 menit, membatasi jumlah chat, atau bahkan sama sekali tidak merespons.

3. Ambil waktu berduka

Berduka bukan hanya dilakukan pada orang yang meninggal dunia, tapi bisa juga buat orang yang masih hidup. Berduka karena kehilangan versi diri dari seseorang atau hubungan yang kandas juga bisa dan justru membantu proses pemulihan.

4. Sadari batas akal kita

Mungkin kita berharap si orang toxic ini suatu saat sadar akan perilaku mereka dan meminta maaf pada kita. Namun, berharap seperti itu bakal makan banyak energi kita. Maka dari itu kita perlu menyingkirkan pikiran tersebut deh.

5. Atur ekspektasi

Kalau kita harus rutin bertemu orang toxic ini, kita perlu mengatur ekspektasi kita. Misalnya kita menemui kerabat yang sukanya julid apa pun yang kita lakukan. Saat harus bertemu mereka, atur ekspektasi menjadi “bisa dapat THR dan makan ketupat” dan bukan “bisa mengedukasi kalau PTS gak kalah bagus dengan PTN.” Pokoknya sesuaikan ekspektasi dengan poin pertama yaitu penerimaan radikal.

Nah, itu dia beberapa tips menghadapi orang yang toxic. Semoga membantu!

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips Menghindari Drama Gak Penting dengan Orang Lain

Lifestyle
4 Tanda Kalau Circle Pertemananmu Gak Suportif dan Harus Dihindari

Lifestyle
Toxic Positivity dan Optimis Hampir Sama, Apa sih Bedanya? Cek 3 Poin Ini