Interest

Lakukan 5 Kebiasaan Produktif Ini untuk Gantikan Hobi Scrolling Media Sosial

Dwiwa

Posted on July 15th 2022

Kebiasaan doomscrolling alias iseng scrolling informasi apa pun di media sosial bisa berdampak pada kesehatan mental kita. Sebenarnya kita tahu ada cara lain yang lebih produktif untuk mengisi waktu luang. Tetapi seringnya, kita terus menerus membuka aplikasi yang sama dan me-refresh-nya lagi dan lagi.

Sebagian masalahnya adalah ponsel tak pernah lepas dari kita dan mudah dijangkau. Masalah lain adalah ada banyak waktu senggang pendek sepanjang hari. Entah itu saat menunggu bus, sebelum tidur, di mana kita tidak bisa melakukan apa-apa selain membuka aplikasi dan melihat apa ada yang baru.

Tetapi sebenarnya, tidak harus seperti ini. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu kita lebih produktif dan bermanfaat daripada hanya sekedar doomscrolling. Dilansir dari Popular Science, berikut lima aktivitas alternatif yang lebih produktif dibanding hanya sekadar doomscrolling.

1. Belajar bahasa
Ada banyak aplikasi gratis untuk mempelajari suatu bahasa. Mayoritas dari mereka membagi pelajaran dan latihan menjadi beberapa bagian. Kalian bisa mempelajarinya sesuai dengan kemampuan dan waktu luang yang dimiliki.

Sisihkan beberapa menit di waktu-waktu senggang dan tanpa terasa itu akan menjadi berjam-jam untuk melatih keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa lain. Beberapa aplikasi yang bisa digunakan seperti Duolingo (iOS, Android), Babbel (iOS, Android), dan Rosetta Stone (iOS, Android).

2. Membaca buku
Buku bisa memberi kita perspektif baru dalam hidup, membawa ke dunia imajiner, memberi kita pengetahuan tentang semua jenis topik, membuat tertawa dan menangis, serta banyak lagi. Dan jika kamu tidak suka membaca buku cetak, bisa beralih ke e-book.

Jika pengguna iOS, kalian memiliki Apple Books, sedangkan jika menggunakan Android ada Google Play Books & Audiobooks. Ada juga aplikasi pihak ketiga seperti Amazon Kindle (iOS, Android). Aplikasi-aplikasi ini gratis untuk diunduh dan digunakan serta menyediakan banyak e-book gratis, terutama buku klasik yang sudah tidak memiliki hak cipta.

Kalian akan terkejut berapa banyak bacaan yang sudah kalian selesaikan hanya dalam beberapa menit sehari. Ini tentu menjadi pengganti doomscrolling yang jauh lebih produktif.

3. Mendengarkan podcast
Ada banyak alasan mengapa mendengarkan podcast lebih baik dibanding hanya scrolling media sosial. Kalian bisa mengistirahatkan mata, menenangkan pikiran sebelum tidur, dan mendengarkan genre favorit. Kalian juga bisa dengan mudah menemukan topik yang disukai.

Sebagian besar pemutar podcast menyediakan fungsi pengatur waktu yang memungkinkan kita mengatur berapa lama ingin mendengarkan episode tertentu. Jika kalian pengguna iPhone, bisa memanfaatkan Apple Podcast. Sedangkan pengguna Android, bisa menggunakan Google Podcast (yang juga tersedia di iOS). Bisa juga dengan aplikasi pihak ketiga seperti Pocket Cast (iOS, Android).

4. Membaca artikel
Mungkin ini terdengar sama seperti doomscrolling. Tetapi jika kalian bisa memilih apa yang dibaca dan sumber artikel, ini akan berbeda. Pastikan kalian membaca kabar baik yang menyenangkan selain kabar buruk yang akhir-akhir ini banyak terjadi.

Kalian bisa menyimpan artikel ke Instapaper (iOS, Android) dengan sangat mudah dari browser web apa pun. Bisa juga menggunakan Feedly (iOS, Android).

5. Meditasi
Meditasi menjadi alternatif yang lebih baik dibanding doomscrooling. Beberapa menit ketenangan setiap hari dapat mengatasi kecemasan dan kesehatan mental secara keseluruhan. Ada banyak aplikasi yang bisa membantu.

Kalian bisa membuat playlist santai di YouTube (iOS, Android) atau Spotify (iOS, Android), memutarnya dan membiarkan pikiran rileks. YouTube juga menawarkan banyak panduan meditasi gratis untuk kalian.

Bisa juga memanfaatkan aplikasi meditasi khusus seperti Headspace (iOS, Android) dan Calm (iOS, Android). Aplikasi ini bisa kalian coba secara gratis sebelum berlangganan.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
WhatsApp untuk iOS Bakal Menampilkan Anggota Grup Chat yang Sudah Keluar

Tech
Cara Menghapus Akun Instagram Lewat Aplikasi dan Web

Tech
WhatsApp Rilis Fitur Sembunyikan Last Seen dari Kontak Tertentu