Tech

iMessage Dapat Fitur Edit dan Batalkan Pengiriman, Tapi Masih Ada Kelemahannya

Jingga Irawan

Posted on July 15th 2022

Aplikasi iMessage mendapat beberapa peningkatan luar biasa tahun ini dengan iOS 16. Terdapat tiga fitur besar yang paling ditunggu pengguna: opsi untuk mengedit iMessage, membatalkan pengiriman iMessage secara keseluruhan, dan menandai pesan teks dengan status belum dibaca.

Meskipun kedengarannya cukup mudah dan sangat membantu, dua fitur dari tiga di atas yang sudah disebutkan MainMain masih punya kelemahan. Nah, sebelum ngobrol soal kekurangan fitur ini kita bahas dulu panduan membatalkan kirim pesan ya!

Panduan Membatalkan iMessage di iOS 16

iOS 16 saat ini tersedia sebagai beta publik gratis atau pengembang berbayar. Kalau kamu termasuk orang pertama yang bisa merasakan iOS 16 lebih awal yuk ikuti langkah di bawah:

-Pertama, buka aplikasi iMessage

-Pilih percakapan dan pesan spesifik yang ingin kamu batalkan pengirimannya

-Tekan lama pada pesan

-Ketuk “Undo Send”

-“Undo Send” dan opsi “Edit” pesan berfungsi hingga 15 menit setelah pengiriman

Apple mencatat bahwa saat kalian mencoba untuk membatalkan pengiriman iMessage yang dikirim ke seseorang yang menjalankan iOS 15 atau sistem operasi lebih lama, mereka mungkin masih dapat melihatnya.

Baca Juga: Kreator di Instagram Bisa Posting Konten Hanya untuk Subscriber yang Bayar

Intinya, jika orang yang kamu kirimi pesan nggak menggunakan iOS 16, dan kemudian pesannya kamu unsend, Apple memberikan pemberitahuan bahwa mereka (orang yang kamu kirimi pesan) “mungkin masih dapat melihat pesanmu.”

Dan jika orang yang menerima pesan asli menggunakan iOS 16, mereka akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pesan sudah ditarik kembali.

Tetapi satu aspek yang menarik adalah mereka mendapat pemberitahuan kalau pesan iMessage sudah dihapus di perangkat mereka. Dan itu muncul bersamaan dengan pesan saat kalian membatalkan pengiriman.(*)

Foto: Apple

Artikel Terkait
Tech
Pengguna iOS 16 Bisa Edit dan Batalkan Pesan Terkirim di iMessage

Tech
Apple Sebut Lockdown Mode di iOS 16 Bisa Bantu Blokir Spyware

Tech
Apple Bawa Kembali Wallpaper Asli Tahun 2007 ke iOS 16