Tech

Kreator di Instagram Bisa Posting Konten Hanya untuk Subscriber yang Bayar

Jingga Irawan

Posted on July 15th 2022

Setelah menguji coba langganan berbayar untuk kreator konten awal tahun ini, Instagram mengumumkan lebih banyak fitur dalam sistem berlangganan tersebut. Anak perusahaan Meta itu tampaknya bersaing dengan Twitter di bidang ini.

Dalam sebuah video, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan bahwa platform tersebut punya tujuan untuk menjadikan “tempat online sebagai tempat terbaik bagi para pembuat konten untuk mencari nafkah.” Dan update baru dalam aplikasinya merupakan lanjutan dari sistem langganan yang melibatkan kreator konten di fase awal.

Fitur baru paling terlihat adalah mempublikasikan unggahan feed yang hanya dapat dilihat oleh pelanggan. Jadi, jika kamu bukan pelanggan yang membayar dari kreator tersebut, jelas kamu nggak akan bisa melihat konten eksklusif yang dibuat oleh kreatornya.

Para kreator konten sebelumnya bisa melakukan ini dengan posting-an Stories, tetapi sekarang perusahaan memperluasnya untuk feed pada fans yang membayar. Nantinya, akan ada tab beranda khusus untuk pelanggan baru di bagian profil kreator konten. Pelanggan juga dapat memfilter foto dan Reels yang hanya tersedia untuk mereka.

Langganan dapat berkisah antara USD 0,99 (Rp 15 ribu) hingga USD 99,99 (Rp 1,5 juta), dan profil akan pelanggan mendapatkan label warna ungu untuk menunjukkan kalau mereka adalah pelanggan membayar terhadap kreator atau influencer.

Selain stories dan feed, kreator konten juga dapat melakukan siaran langsung secara eksklusif dengan pelanggan mereka. Dan fitur lain yang diumumkan hari ini akan memungkinkan mereka mengobrol (melalui DM grup) dengan 30 pelanggan secara bersamaan.

Instagram secara bertahap meningkatkan langganan dan membukanya untuk puluhan ribu kreator konten di Amerika Serikat, tetapi Mosseri mengakui kalau perusahaan akan memperluas fitur tersebut ke negara lain.

Baca Juga: Studi: Anak-anak dan Remaja Lebih Suka Nonton TikTok daripada YouTube

“Ini hanya satu langkah di jalan yang lebih panjang untuk menyediakan berbagai alat bagi pembuat konten di mana pun untuk dapat mencari nafkah secara online,” katanya dalam video. "Tapi kami sangat senang dengan yang satu ini."

Perusahaan saat ini sedang mengerjakan perubahan besar pada aplikasi Instagram, termasuk feed layar penuh. Mosseri telah mengatakan bahwa itu mungkin akan memakan waktu berbulan-bulan sebelum desain ulang ini tersedia untuk semua orang.

Awal tahun ini, perusahaan membawa kembali umpan kronologis (dan opsi favorit baru) untuk pengguna yang ingin lebih mengontrol bagaimana Instagram mengurutkan konten yang ingin pengguna lihat di aplikasi.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Tech
Linktree Izinkan Kreator di Seluruh Dunia Terima Pembayaran dengan PayPal

Tech
Instagram Uji Coba Langganan Berbayar, Kreator Bisa Cuan Banyak

Tech
Cara Menghapus Akun Instagram Lewat Aplikasi dan Web