Lifestyle

5 Tips Penurunan Berat Badan Ini Malah Bikin Kamu Cepat Tua

Dwiwa

Posted on July 14th 2022

Ada begitu banyak tips menurunkan berat badan yang beredar di internet. Orang-orang yang mempromosikan tips diet mereka biasanya menyakinkan jika cara yang dilakukan adalah yang paling ampuh. Tetapi sayangnya, beberapa tips ini justru bisa jadi racun dan berbahaya bagi kesehatan kita.

Ada banyak orang yang berbagi tips penurunan berat badan yang sebenarnya dapat merusak kesehatan kita dari waktu ke waktu. Itu juga dapat menyebabkan penuaan yang tidak sehat.

Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut 5 tips penurunan berat badan yang sebenarnya justru membuat tubuh kita jadi menua lebih cepat.

1. Menghitung kalori

Menghitung kalori mungkin bermanfaat bagi sebagian orang dalam upayanya menurunkan berat badan. Tetapi yang lebih penting adalah mengonsumsi makanan yang seimbang.

Ahli diet terdaftar Whitney Stuart, MS, RDN, CDE mengatakan salah satu perilaku yang lebih berbahaya yang dilihatnya di bidang nutrisi adalah orang menghitung kalori mereka dengan sebagian besar masih mengonsumsi makanan olahan dan berkualitas rendah. Mereka juga tidak cukup mengonsumsi asam lemak omega-3, lemak tak jenuh, dan makanan berserat.

Dia menambahkan, mengonsumsi makanan yang dikemas dengan nutrisi yang diperlukan tidak hanya akan memudahkan proses penurunan berat badan tetapi juga membantu kita berumur panjang.

2. Tidak memperhatikan protein

Kalian mungkin berpikir bahwa kalori adalah yang terpenting. Tetapi jika tidak mendapatkan cukup protein maka kemungkinan besar usaha kalian akan gagal. Tidak hanya itu, ini juga dapat mempengaruhi proses penuaan.

Lauren Harris-Pincus, MS, RDN, ahli diet terdaftar dan pendiri Nutrition Starring YOU, mengatakan kesalahan penurunan berat badan terbesar yang membuat orang menua lebih cepat adalah hanya fokus pada mengurangi jumlah kalori tanpa memperhatikan komposisi kalori tersebut.

“Sangat penting untuk mengonsumsi tingkat protein yang lebih tinggi saat menurunkan berat badan dalam upaya untuk mempertahankan tubuh yang lebih ramping," ujarnya.

Harris-Pincus menambahkan jika kita kehilangan lemak dan otot saat berdiet. Berkurangnya otot akan menurunkan metabolisme dan kekuatan kita, serta berpotensi menyebabkan pengeroposan tulang.

“Usahakan setidaknya 25-30 gram protein setiap kali makan dengan biji-bijian utuh dan makanan berserat tinggi dalam jumlah sedang, serta lemak sehat untuk jantung untuk hasil terbaik yang kemungkinan juga lebih berkelanjutan,” tambahnya.

3. Mengonsumsi produk pengganti makanan

Pengganti makanan bisa berbahaya tidak hanya untuk penurunan berat badan yang berkelanjutan tetapi juga untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

"Meskipun produk pengganti makanan seperti shake atau bars mungkin berguna untuk makanan rendah kalori atau camilan saat bepergian, banyak dari produk ini yang mengalami pengolahan tinggi dan mengandung gula tambahan,” kata Sara Chatfield, MPH, RDN, ahli diet terdaftar di Health Canal.

Dia menambahkan, makan makanan olahan secara teratur telah dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis. Dan terlalu banyak gula juga dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis dan mempercepat proses penuaan dengan membentuk produk akhir glikasi lanjutan (AGEs).

4. Menyingkirkan semua karbohidrat

Banyak yang mengatakan tidak pada karbohidrat sehingga dia menyingkirkan karbohidrat dan memilih diet keto sebagai gantinya. Diet seperti Diet Atkins dan Diet Keto membuat seolah-olah karbohidrat adalah musuh. Namun, ini salah.

“Sementara menghindari gula tambahan dan karbohidrat olahan sangat membantu untuk menurunkan berat badan, mengurangi karbohidrat kompleks seperti buah segar, sayuran bertepung, dan biji-bijian dapat menggagalkan upaya penurunan berat badan. Ini bahkan dapat berkontribusi pada penuaan dini, karena makanan tersebut adalah sumber berharga untuk serat dan nutrisi penting lain,” kata Chatfield.

Dia mengungkapkan, asupan serat yang tinggi telah dikaitkan dengan rasa kenyang saat makan dan penurunan berat badan yang berhasil. Ini juga berguna untuk mengurangi tanda penuaan.

5. Menghindari lemak

Kalian tidak harus menghindari lemak untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, tubuh kita membutuhkan lemak sehat untuk bertahan hidup.

“Sementara kalori lemak lebih tinggi dibandingkan dengan karbohidrat atau protein, kita memang membutuhkan lemak untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, extra virgin olive oil, atau salmon memberikan manfaat untuk kesehatan jantung, kesehatan otak, dan juga menambah rasa dan kepuasan makanan," kata Vandana Sheth, RDN, CDCES, FAND, ahli diet terdaftar dan penulis My Indian Table: Resep Vegetarian Cepat & Lezat.

Sebagai informasi  1 gram lemak setara dengan 9 kalori. Sementara 1 gram karbohidrat atau protein hanya 4 kalori.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Lifestyle
Tak Perlu Ribet, Ini Cara Gampang Turunkan Berat Badan

Lifestyle
Jangan Terkecoh, Smoothie Juga Bisa Bikin Gendut Kalau...

Lifestyle
Ini yang Bakal Tubuh Kamu Alami Kalau Tidak Makan Karbohidrat