Lifestyle

5 Cara Ubah Kebiasaan Bungkuk di Usia Muda

Nadia Fitriany

Posted on July 14th 2022

Tubuh bungkuk di usia muda merupakan hal yang tidak mudah dihindari. Apalagi sekarang, penggunaan hp sambil berjalan membuat orang-orang terbiasa menunduk sehingga postur tubuh mereka menjadi bungkuk. Menilik fenomena tersebut, berikut beberapa tips mengubah kebiasaan untuk memperbaiki bungkuk.

Membiasakan Diri untuk Duduk di Posisi Tepat

Salah satu cara mengubah kebiasaan untuk menghindari atau memperbaiki postur punggung yang bungkuk ialah dengan mengubah posisi duduk secara tepat. Kamu perlu melatih diri untuk duduk tegap dengan diselingi istirahat beberapa menit jika dirasa pegal. Istirahat dapat berupa gerakan peregangan ringan atau turun dari kursi lalu berjalan sebentar.

Rutin Lemaskan Otot Leher

Otot leher yang kaku membuat kamu mudah lelah, akhirnya tidak lagi memperhatikan posisi tegap sehingga kamu mudah bungkuk. Cara melemaskan otot leher bisa dilakukan dengan mendorong kepala ke atas atau ke bawah menggunakan telapak tangan lalu diamkan selama beberapa hitungan. Kamu juga bisa membuat gerakan memutar kepala untuk menghilangkan rasa penat. Lakukan peregangan otot leher sebanyak tiga sampai empat kali sehari.

Atur Posisi Berjalan Secara Tepat

Berjalan dengan bahu sejajar oleh tubuh membuat posisi kamu tegap. Kebiasaan ini tidak mudah dilakukan, perlu kesabaran dan komitmen dalam proses memperbaiki punggung yang bungkuk. Bila perlu, saat ini telah tersedia korset yang menghubungkan bahu dengan punggung sehingga membantu tubuh tegak. Penggunaan alat tersebut bisa membantu memperbaiki cara berjalan kamu.

Baca Juga : 4 Hal yang Perlu Dihindari dalam Mengelola Perasaan Cemas Agar Nggak Memburuk

Jangan Mengangkat Beban Terlalu Berat

Mengangkat beban terlalu berat dengan bahu kanan atau kiri saja yang menjadi tumpuan membuat postur tubuh kamu tidak seimbang. Lebih baik mengangkat beban dengan kedua tangan atau jika terlalu berat kamu bisa meminta bantuan orang terdekat.

Posisi Tidur Lurus

Guna membantu memperbaiki postur tubuh yang bungkuk, sebaiknya posisi tidurmu diubah menjadi lurus. Gunakan bantal di antara kedua kaki agar posisi saraf punggung tetap lurus.

Itulah beberapa tips untuk mengembalikan postur tubuh bungkuk di usia muda, cara-cara yang dijabarkan memang tidak mudah dilakukan serta hasilnya tidak bisa diperoleh secara instan. Perlu komitmen dan kesabaran untuk hasil yang maksimal. (*)

Foto : Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli Rumah di Usia Muda

Lifestyle
Berusia 20-an? Hal Ini Wajib Kalian Lakukan Agar Tetap Fit Saat Tua

Current Issues
Kenapa Anak Muda juga Sangat Berisiko Covid-19?