Lifestyle

4 Hal yang Perlu Dihindari dalam Mengelola Perasaan Cemas agar Gak Memburuk

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 14th 2022

Cemas memang perasaan yang umum banget kita rasakan. Kalau kamu sering merasa cemas, simak beberapa tips berikut agar kecemasan yang kamu rasakan gak makin memburuk, seperti yang dilansir Psychology Today.

Selalu berpikir kamu bisa mengendalikan semuanya

Percaya dengan diri sendiri itu bagus, tapi terkadang saat merasa cemas, kita gak bisa berpikir jernih dan bertindak sesuai kapasitas kita. Ketika dihampiri perasaan cemas dan kita memaksa diri buat punya performa seperti normal, kita justru akan merasa makin frustrasi.

Yang bisa kamu lakukan di situasi seperti ini adalah menuliskan hal-hal yang bisa kamu pilih. Menuliskan pilihan akan membantu kita berpikir lebih jernih.

Baca juga: 3 Tips Simpel Mengendalikan Kecemasan, Biar Pikiran Lebih Tenang

Memaksa diri harus tahu segala hal

Kamu menyadari kamu sedang cemas. Kamu tahu apa penyebabnya. Kamu mulai mencari solusinya, tetapi bingung. Di titik tersebut, kamu gak perlu menyalahkan diri sendiri karena gak tahu apa yang harus dilakukan.

Kamu bisa berbagi dengan orang lain untuk mendapatkan perspektif baru sehingga bisa menyusun solusi yang tepat. Nggak segala hal harus dilakukan sendirian kok!

Menghentikan keseharian sampai cemas hilang

Terkadang memang kecemasan itu membekukan kita buat bertindak. Namun, hal tersebut terjadi di beberapa momen aja, bukan berarti setiap cemas kita harus berhenti melakukan keseharian kita. Jika kita membiarkan hal tersebut selalu terjadi, kecemasan justru akan memakan lebih banyak porsi kehidupan kita.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengurangi Kecemasan dengan Imajinasi Kreatif

Berlebihan mengkritik diri sendiri

Terkadang kecemasan berfungsi sebagai pengingat agar kita berhati-hati. Ada kalanya kecemasan kita mendorong kita buat menghindari sesuatu, tetapi ternyata yang dikhawatirkan gak terjadi. Misal kita takut bakal dijauhi karena melupakan ulang tahun teman, tapi ternyata mereka memaklumi.

Nah, kita gak perlu mengkritisi diri sendiri karena kecemasan yang seakan sia-sia tadi. Kita perlu menyadari bahwa rasa cemas kita adalah bukti kita menganggap sesuatu hal sebagai hal yang penting.

Itu dia beberapa hal yang perlu dihindari dalam mengelola perasaan cemas. Semoga membantu! (*)

 

Gambar: Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Hal yang Harus Dihindari agar Gak Bikin Kecemasan Memburuk

Lifestyle
3 Kalimat yang Bisa Kita Andalkan buat Menenangkan Diri Saat Cemas

Entertainment
7 Cara Mudah Mengurangi Kecemasan dengan Imajinasi Kreatif