Entertainment

'Squid Game' Jadi Seri Non-English Pertama yang Dinominasikan Drama Terbaik Emmy

Jingga Irawan

Posted on July 13th 2022

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Primetime Emmy Awards, Television Academy menominasikan series non bahasa Inggris untuk Outstanding Drama.

Pada Selasa, 12 Juli 2022, Squid Game dari Netflix mendapatkan tempat nominasi untuk penghargaan 2022. Selain Outstanding Drama, hits asal Korea Selatan ini mendapatkan total 14 nominasi, termasuk Outstanding Lead Actor untuk bintang Lee Jung-jae.

Netflix mendapatkan yang paling banyak atau paling banyak kedua dari perusahaan streaming mana pun dalam daftar. Semua mengatakan, produksi Netflix mencetak 105 nominasi tahun ini, kedua setelah total 140 untuk HBO dan HBO Max. Namun pengelompokan operasi streaming HBO di bawah satu payung telah menjadi kontroversi dalam industri TV.

HBO juga memiliki series yang paling banyak dinominasikan dengan Succession. Acara tersebut mendapatkan 25 nominasi dari Academy, termasuk nominasi untuk Outstanding Drama dan dua pertimbangan Outstanding Lead Actor untuk Brian Cox dan Jeremy Strong.

Dengan 20 nominasi, Ted Lasso dari Apple mendapatkan nominasi terbanyak dari semua series streaming. Jason Sudeikis akan mendapatkan kesempatan untuk mempertahankan gelar aktor terbaiknya dari tahun lalu.

Berkat acara seperti Ted Lasso dan Severance, Apple memiliki kinerja yang kuat. Perusahaan mendapat 51 nominasi, naik dari 35 tahun sebelumnya.

Baca Juga: Takut Aktingnya Tak Maksimal, HoYeon ‘Squid Game’ Minta Maaf pada Sutradara

Sementara Disney masih sedikit. Di balik 17 nominasi untuk Only Murders In The Building, Hulu menggandakan nominasinya lebih dari dua kali lipat dari tahun lalu menjadi 58. Namun, Disney+ hanya mendapatkan 34 nominasi, penurunan signifikan dari 71 yang diraihnya tahun lalu.

Baca Juga: Sydney Sweeney Dapat Dua Nominasi untuk Pertama Kalinya di Emmy Awards 2022

Namun, platform streaming lainnya tak sebaik Disney+. Prime Video Amazon mendapatkan 30 nominasi, sementara Paramount+ dan Peacock hanya mendapatkan masing-masing 11 nominasi dan tiga nominasi.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
“Squid Game” Dunia Nyata Bakal Diadakan di Uni Emirat Arab, Tertarik Ikut?

Entertainment
Mengapa Squid Game Begitu Populer Secara Internasional?

Entertainment
Naskah Squid Game Ternyata Pernah Ditolak Karena Dianggap "Aneh"