Tech

Teleskop Antariksa Tercanggih NASA Rilis Foto “Kedalaman” Alam Semesta

Jingga Irawan

Posted on July 12th 2022

Setelah 14 tahun pengembangan dan enam bulan kalibrasi, Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) akhirnya siap memulai misinya untuk menyelidiki kedalaman kosmos kita.

Pada Senin, 11 Juli 2022 NASA dan Presiden Joe Biden membagikan gambar berwarna pertama dari teleskop luar angkasa tercanggih dan termahal di dunia itu. Gambar itu menunjukkan kedalaman alam semesta.

Menurut NASA, First Deep Field mewakili gambar paling tajam dan paling dalam dari alam semesta yang jauh hingga saat ini.

"Pak Presiden, jika Anda memegang sebutir pasir di ujung jari Anda dan memandangnya sejauh lengan, itu adalah bagian dari alam semesta yang Anda lihat,” kata administrator NASA, Bill Nelson, kepada Presiden Biden selama pengarahan. "Hanya satu titik kecil dari alam semesta."

Gambar ini menunjukkan cuplikan dari sekelompok galaksi yang dikenal sebagai SMACS 0723 saat mereka muncul 4,6 miliar tahun yang lalu. Massa gabungan dari semua galaksi digambarkan sebagai lensa gravitasi, memperbesar benda-benda langit yang jauh lebih terlihat di latar belakang.

Baca Juga: Mengenal James Webb, Teleskop Tercanggih NASA yang Segera Diluncurkan

Dengan menggunakan elemen cermin terbesar yang pernah dikirim ke luar angkasa, JWST bisa melihat jauh ke masa lalu dengan mengumpulkan cahaya dari beberapa bintang dan galaksi yang terbentuk tepat setelah Big Bang. Dan gambar hari ini adalah contoh sempurna dari kemampuan teleskop itu.

Beberapa galaksi memiliki elemen yang belum pernah dilihat sebelumnya. Dan itu akan segera dipelajari oleh para astronom untuk lebih lanjut mengetahui soal sejarah alam semesta kita.

NASA mencatat kalau First Deep Field bukan gambar yang mewakili pandangan kita paling awal di alam semesta. Sebelumnya, teleskop gelombang mikro seperti Cosmic Background Explorer (COBE) sudah menangkap foto yang lebih dekat ke Big Bang. Namun, teleskop ini tak menawarkan pemandangan bintang dan galaksi seperti yang ditangkap oleh Webb.

Bisa mencapai momen bersejarah ini merupakan perjalanan panjang bagi NASA. Ketika JWST pertama kali diumumkan, rencana badan tersebut awalnya meluncurkan teleskop pada 2007. Setelah mendesain ulang pada tahun 2005, NASA baru menyelesaikan proyek tersebut pada tahun 2016 dan mengatakan kalau teleskop itu siap diluncurkan pada 2018.

Pada tahun 2019, NASA menyelesaikannya. Sayangnya, pandemi melanda, yang menyebabkan penundaan lebih lanjut dalam pengujian dan pengirimannya ke luar angkasa. Menurut laporan, penundaan itu akhirnya menyebabkan proyek JWST menelan biaya USD 10 miliar (Rp 150 triliun).

NASA menamai teleskop luar angkasanya yang paling canggih berdasarkan nama mantan administrator James Webb. Webb merupakan sosok yang dikenal mengawasi program Merkurius, Gemini, dan Apollo awal di NASA. (*)

Foto: NASA

Artikel Terkait
Tech
Mengenal James Webb, Teleskop Tercanggih NASA yang Segera Diluncurkan

Tech
Teleskop James Webb Sukses Tangkap Gambar Terbaik Cincin Neptunus

Tech
Sukses Luncurkan Inspiration4, SpaceX Kirim Warga Sipil ke Ruang Angkasa