Lifestyle

Patah Hati Ditinggal Teman Memang Jarang Dibahas, Tapi Kamu Wajar buat Sedih

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 11th 2022

Patah hati identik dengan hubungan romantis alias pacaran yang kandas. Namun, sebenarnya patah hati juga berlaku buat hubungan pertemanan kok. Pernah merasakan sedih ditinggal teman? Pasti sakit juga kan? Simak pembahasannya seperti yang dilansir Psychology Today.

Mungkin bagi beberapa orang kehilangan teman itu bukan hal yang besar. Mungkin beberapa orang bingung kenapa ada orang yang bisa sedih banget ditinggal teman, toh itu hanya teman, bukan sahabat atau pacar. Patah hati ditinggal teman memang underrated banget, tapi sakitnya tetap legit.

Baca juga: 4 Tanda Kalau Circle Pertemananmu Gak Suportif dan Harus Dihindari

Nah, pandangan aneh ketika kita sedih karena kehilangan teman ini memang bisa menghambat kita buat move on. Yang perlu diingat adalah wajar banget kok merasa sedih karena teman meski lingkungan memandang hal tersebut sebagai hal yang gak biasa. Ini disebut disenfranchised grief.

Terbuka

Kalau kamu merasakan kesedihan atau duka karena teman, kamu perlu buat bercerita tentang perasaanmu ke orang tepercaya. Kalau orang di sekitarmu kurang memungkinkan, kamu bisa cerita ke tenaga ahli seperti psikolog. Kalau kamu sulit buat mengakses layanan psikologi secara langsung, kamu bisa coba konsultasi online dulu.

Bercerita pada orang lain ini penting sebagai cara kita mengenali dan memvalidasi perasaan diri. Dari sana kita bisa memproses emosi tersebut, bukan memendamnya. Makanya penting buat bercerita. Worst case kita hanya bisa cerita ke orang yang bukan tenaga ahli dan perasaan kita nggak dipahami, setidaknya kita sudah memvalidasi perasaan kita dengan mengungkapkannya ke orang lain.

Baca juga: 4 Langkah Memperkuat Pertemanan, Biar Gak Sekadar Nyapa atau Tanya Kabar Doang

Ambil hikmahnya

Kalimatnya klise banget, tapi memang menemukan makna atau hikmah dari sebuah kejadian bisa mengurangi rasa sakit yang kita rasakan. Menemukan makna bukan berarti kita langsung bebas dari rasa duka atau sedih ya. Kita bisa melakukan keduanya kok. Bisa jadi kejadian yang kurang mengenakan ini bikin kamu terdorong buat menjalin hubungan yang lebih luas atau hal lainnya.

Sedih karena kehilangan teman itu wajar karena kita merasakan banyak pengaruh dari teman kita. Buat kalian yang lagi merasakan hal ini, semoga bisa melaluinya dengan baik ya. (*)

 

Gambar: Storyset/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Tips Menghindari Drama Gak Penting dengan Orang Lain

Lifestyle
Apa yang Harus Dikatakan dan Dihindari saat Berbicara ke Orang yang Berduka

Lifestyle
5 Langkah Sederhana Menghadapi Duka atau Kehilangan saat Pandemi