Lifestyle

5 Alasan Cemas Bikin Diri Kita Lelah, Cek Ciri-Cirinya dari Kebiasaanmu

Kezia Kevina Harmoko

Posted on July 11th 2022

Buat kalian yang mudah cemas, ada kalanya kecemasan yang kita rasakan benar-benar menyedot energi bukan? Kalau kalian bertanya-tanya kenapa cemas bisa bikin kita lelah, simak penjelasan berikut seperti yang dilansir Psychology Today.

1. Pikiran penuh dengan antisipasi

Kalau bisa dibilang sebagai kelebihan, pencemas memang jagonya membuat rencana buat antisipasi. Misal pas lagi mau roadtrip, kita akan cenderung membuat plan A, B, C untuk jaga-jaga terjadi skenario yang kurang mengenakan. Karena selalu memikirkan rencana ke depan, akhirnya pikiran kita selalu aktif dan melelahkan kita deh.

2. Waktunya relax jadi waktunya overthinking

Misal lagi santai-santai di kolam renang nih. Kalau kebanyakan orang menikmati berenang, bisa jadi pikiran kita justru gak ada di kolam renang, tapi di masalah-masalah yang lagi kita hadapi. Padahal pas kita lagi stres, kita justru perlu waktu buat relax biar bisa pulih, tapi peluang tersebut hilang karena overthinking.

Baca juga: 5 Cara Memanfaatkan Kecemasan untuk Kebaikan Diri, Bisa Banget!

3. Langsung memikirkan skenario terburuk

Terkadang pikiran kita memang jago banget membesarkan suatu masalah yang sedang-sedang aja. Terkadang kita langsung berpikir ke skenario terburuk, padahal masih ada skenario terbaik. Biar imbang, kita susun deh skenario jalan tengah, perpaduan antara skenario terburuk dan terbaik.

4. Menjadikan diri sendiri sebagai sumber kesalahan

Misal seseorang berlaku kurang baik dan kita mulai berpikir apakah sebenarnya kita sumber masalahnya. Kita jadi berpikir, kenapa kok kita begini, nggak begitu, kalau terus begini nanti kita bakal gimana, dan seterusnya. Pikiran ini memakan energi dan kepercayaan diri kita, padahal perilaku orang lain seharusnya menjadi tanggung jawab orang tersebut.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dihindari agar Gak Bikin Kecemasan Memburuk

5. Segalanya mulai terasa melelahkan

Ketika kecemasan kita berlangsung terus-menerus, kita akan merasa lelah, dan akhirnya melakukan hal kecil pun terasa berat. Bahkan tidur juga jadi susah banget. Nah, kalau kamu mulai merasa kesulitan menjalani keseharianmu, gak ada salahnya kok buat berkonsultasi ke tenaga profesional. You matter! (*)

 

Gambar: Storyset/Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
3 Kalimat yang Bisa Kita Andalkan buat Menenangkan Diri Saat Cemas

Lifestyle
3 Tips Simpel Mengendalikan Kecemasan, Biar Pikiran Lebih Tenang

Entertainment
7 Cara Mudah Mengurangi Kecemasan dengan Imajinasi Kreatif