Entertainment

Penjelasan Ending Incantation: Bagaimana Li Ronan Selamatkan Dodo dari Kutukan?

Jingga Irawan

Posted on July 11th 2022

Film yang disusun berdasarkan footage selalu menarik untuk diikuti. Kalau kita mungkin sudah lama mengenal Paranormal Activity, sekarang kita disuguhkan Incantation.

Disutradarai Kevin Ko, film horor Taiwan tersebut seolah-olah disusun dari rekaman yang ditemukan. Rekaman itu mengisahkan seorang wanita bernama Li Ronan yang membuat dokumenter soal putrinya yang berusia 6 tahun bernama Dodo.

Tetapi ketika Dodo mulai bertingkah aneh, Ronan harus memperhitungkan tabu gelap yang dia langgar bertahun-tahun lalu. Pelanggaran Ronan tersebut sebenarnya nggak hanya menimpa putrinya, tetapi juga orang-orang di dekatnya. Bahkan pihak kepolisian dan perawat yang membantunya juga terkena dampak dari perbuatan Ronan.

SPOILER ALERT!!!

Film dibuka saat Ronan menjelaskan filosofi soal kehidupan. Menurutnya, hidup ini terbentuk sesuai dengan pemikiran kita semua. Entah itu mengarah ke hal baik maupun hal buruk. Selanjutnya, dia meminta kita untuk menghafal sebuah mantra. Bunyinya heu ho so yi xi seu wu ma. Yang nggak jelas apa maknanya.

Kemudian adegan berpindah saat Ronan masih muda. Tepatnya enam tahun sebelum Ronan mengalami nasib tragis. Dia, pacarnya, Dom, dan temannya, Yuan, menyelidiki upacara pemujaan mengerikan. Di sana, mereka diam-diam memasuki terowongan yang menyeramkan. Sebenarnya, terowongan itu terlarang. Bahkan Ronan dan kawan-kawannya sudah diperingatkan. Namanya anak muda, jelas mereka memaksa.

Ronan saat itu masih sakit dan tak ikut masuk ke dalam terowongan. Dia diketahui hamil seorang anak perempuan. Sementara Dom dan Yuan tetap memilih berjalan lebih jauh ke dalam lorong gelap. Ketika mereka mengarahkan pandangan pada sebuah patung, kutukannya dimulai.

Karena ikut dalam rombongan, Ronan juga dikutuk. Tetapi dia berhasil keluar, Ronan kabur dan mengikuti terapi singkat di rumah sakit jiwa dan harus menyerahkan putrinya ke lembaga sosial. Enam tahun kemudian, dia bersatu kembali dengan Dodo—anaknya. Tetapi kutukan itu belum selesai.

Apa yang terjadi pada Dodo?

Ketika Ronan membawanya keluar dari panti asuhan, Dodo mulai melihat makhluk nggak kasat mata di mana-mana. Pada satu titik, makhluk itu memaksanya untuk mengucapkan mantra. Sama seperti Ronan meminta penonton untuk menghafal di awal film. Dodo kemudian menjadi lumpuh. Ronan mencoba membantunya. Tetapi Dodo semakin sakit dan akhirnya koma.

Apa yang Ronan temukan tentang patung tersebut, mantra, dan simbolnya?

Dengan bantuan dari ayah angkat Dodo, Ronan mengumpulkan informasi soal kutukannya untuk menyelamatkan Dodo. Dia lalu menyadari sekelompok orang menyembah dewa jahat. Mereka yang berada dalam sekte tersebut mengulangi mantra dan membuat simbol untuk mengundang kutukan ke diri mereka sendiri.

Semakin dalam seseorang melihat ke dalam kutukan, semakin berat bebannya. Dan beban terbesar adalah ketika seseorang melihat ke wajah patung dewa jahat tersebut, seperti yang dilakukan Dom dan Yuan.

Apakah Ronan berbohong kepada penonton film dokumenternya?

Yes, Ronan berbohong. Dia mengungkapkan detail ini di akhir film. Dia menyesatkan penonton untuk menerima kutukan yang sama.

Baca Juga: Apakah ‘Incantation’ Berdasarkan Kisah Nyata?

Di awal film, Ronan meminta kita menghafal mantra dan simbol tangan. Sebenarnya, dia menyuruh kita mengucap mantra itu untuk membantu menyelamatkan putrinya. Ronan sejak awal tahu, kalau ada orang lain yang mengucapkan mantra tersebut, kutukan pada anaknya akan semakin ringan. Artinya, semakin banyak orang yang terjerumus, semakin ringan pula kesakitan yang diterima Dodo.

Apakah Ronan mematahkan kutukan dan menyelamatkan Dodo?

Dengan Dodo terbaring di rumah sakit dan sangat nggak mungkin bisa sembuh, Ronan memasuki terowongan lagi. Kali ini, dia menjelajah lebih dalam, seperti yang dilakukan Yuan dan Dom. Tapi dia memperbaiki semua yang mereka rusak enam tahun lalu.

Dia kemudian menunjukkan wajah patung dewa jahat ke kamera. Dengan harapan kalau kutukannya akan melebur untuk Dodo. Tapi kutukan itu sudah terlalu berat untuk ditanggung Ronan, dan dia akhirnya bunuh diri.

Di akhir Incantation, kita melihat klip singkat Dodo. Dia sembuh dan bahagia. Tampaknya teori Ronan benar. Dia sudah berhasil menyelamatkan putrinya.(*)

Foto: Netflix

Artikel Terkait
Entertainment
Sinopsis ‘Nope’: Cerita Kakak-Adik Melawan Awan Misterius

Entertainment
Film 'IT' dan 'Annabelle' Bakal Dibuatkan Versi Serialnya!

Entertainment
Film Horor 'Si Manis Jembatan Ancol' dari Masa ke Masa