Sport

Timnas Putri Indonesia Torehkan Sejarah di FIBA 3x3 Asia Cup 2022

Tora Nodisa

Posted on July 11th 2022

Foto: fiba.basketball

Sebuah sejarah baru untuk basket Indonesia berhasil diukir oleh timnas 3x3 putri Indonesia. Bermain di ajang FIBA 3x3 Asia Cup 2022, timnas putri Indonesia keluar sebagai juara tiga. Ini menjadi prestasi tertinggi timnas dalam keikutsertaan mereka di agenda FIBA 3x3 Asia Cup. 

Timnas 3x3 Indonesia memberangkatkan dua tim, yaitu putra dan putri di FIBA 3x3 Asia Cup 2022, yang berlangsung di Singapura, 6-10 Juli 2022. Di sektor putra ada M. Sandy Aziz, Julian Alexandre Chalias, Rio Disi, dan M. Reza Guntara. Sementara di sektor putri berisi Adelaide Callista Wongsohardjo, Dyah Lestari, Agustin Elya Gradita Retong, dan Kimberly Pierre-Louis. 

Baik timnas 3x3 putra dan putri harus bertanding di babak kualifikasi terlebih dahulu. Untuk tim putra, mereka menang sekali dari dua laga. Indonesia putra mengalahkan Yordania (18-13), dan kalah dari Filipina (15-21). Karena hanya diambil satu tim saja, maka Filipina yang lolos. Setelah mereka juga menang melawan Yordania. Jadi Filipina dua kali menang. Sehingga Indonesia tidak lolos ke babak utama. 

Sementara tim putri tampil luar biasa di kualifikasi. Indonesia putri menang 15-11 atas Korea, kemudian mereka mendapatkan keuntungan setelah Iran dinyatakan kalah Walk-Out (WO). Sehingga langkah Indonesia berlanjut ka babak utama. Indonesia tergabung di Grup B bersama Jepang dan Singapura. 

Di penyisihan Grup, Indonesia awalnya kalah 15-17 dari Jepang. Namun di laga kedua, mereka bisa membalasnya dengan kemenangan mutlak (21-15) atas Singapura. Kedua laga penyisihan tersebut berlangsung tanggal 8 Juli 2022. Selanjutnya, pada tanggal 10 Juli 2022, Indonesia berhasil mengalahkan Taiwan dengan skor 17-15. Karena itu, Indonesia langsung lolos ke semi-final. 

Di babak semi-final ini, Indonesia harus berhadapan dengan Australia. Meski awalnya memberikan perlawanan, namun Indonesia harus menelan kekalahan 13-21 atas Australia. Karena gagal masuk final, Indonesia putri akhirnya bertanding melawan Jepang di perebutan tempat ketiga. Kali ini, Indonesia berhasil menang 21-17. 

"Semua puji syukur kepada Yang Maha Kuasa. Kami bisa mencetak sejarah bagi Indonesia di hari yang baik ini. Semua ini juga berkat para pemain dan pelatih yang tidak pernah berhenti bekerja keras, tidak pernah mengeluh dalam kondisi apa pun," kata Christopher Tanuwidjaja, sebagai penanggung jawab timnas 3x3 putri. "Kami semua masyarakat basket Indonesia wajib bangga atas prestasi wanita luar biasa ini. Mereka selalu rendah hati, meski dengan segala kemampuan mereka yang luar biasa."

Keluar sebagai juara di FIBA 3x3 Asia Cup 2022, untuk kategori putra adalah timnas Australia. Sedangkan di kategori putri, timnas Tiongkok, yang berhasil mengubur mimpin Australia mengawinkan gelar. (*)

Artikel Terkait
Sport
Indonesia Tundukkan Saudi Arabia di Laga Pertama FIBA Asia Cup 2022 

Sport
Cukup Satu Gol, Real Madrid Juara Liga Champions Eropa 2022

Sport
Ricuh Karena Tiket Palsu dan Pembobolan Pintu Masuk Stade de France