Sport

Breanna Stewart Dapat Signature Shoes, Akhiri Penantian 11 Tahun Pemain WNBA

Tora Nodisa

Posted on July 10th 2022

Foto: Puma Shoes

Ini bagaikan cinderela story. Para pemain WNBA akhirnya bisa kembali bermimpi untuk mendapatkan signature shoes mereka. Sebab, setelah 11 tahun, akhirnya Breanna Stewart bisa mendapatkan sepatu dengan namanya sendiri dari Puma. Peristiwa ini sangat berarti bagi perkembangan liga bola basket wanita, dan pemain basket wanita pada umumnya. 

Berawal di tahun 1995, Sheryl Swoopes dan Nike membuat gebrakan. Nike memberikan signature shoes dengan nama Nike Air Swoopes. Menjadikan Sheryl sebagai pemain basket wanita pertama yang punya signature shoes dalam sejarah. Sejak saat itu, banyak yang akhirnya mendapatkan kontrak yang sama seperti Lisa Leslie, Dawn Staley, Diana Taurasi. Namun era keemasan tersebut hilang, setelah Candace Parker mendapatkan Adidas Ace Commander pada tahun 2010. 

Setelah itu, brand seperti menjauh dari WNBA. Para pemain wanita malah ikut memakai sepatu signature pemain pria, seperti Nike Kyrie, Nike KD, hingga Nike Kobe. Sampai akhirnya ada yang peduli, dan membuat sepatu basket khusus wanita. 

Baca Juga: Natalie White Berhasil Membuat Sepatu Basket Khusus Wanita Pertama di Dunia

Tetapi masa-masa sulit atlet wanita, tampaknya akan segera berakhir. Ini setelah Breanna Stewart dan Belle Done akan mendapatkan signature shoes mereka sendiri. Bagi Delle Donne, segalanya berubah ketika Sheryl Swoopes menjadi pemain wanita pertama dengan sepatunya sendiri, Nike Air Swoopes pada tahun 1995.

"Saat saya mendapatkan Swoopes seperti salah satu momen terbesar dalam karir bola basket saya," kata Delle Donne. "Bermain menggunakan Swoopes, berada di halaman belakang dan mengira saya adalah Sheryl. Jadi kenangan itu benar-benar seperti momen besar mengapa saya jatuh cinta dengan bola basket."

Lebih dari dua dekade kemudian, Delle Donne adalah MVP dua kali yang akan mendapatkan Nike Air Deldon 1. Sepatu signature untuk Delle Donne ini diharapkan rilis pada bulan Oktober 2022. 

Sementara itu, Breanna Stewart dapat dukungan dari Puma. Sepatu yang diberi nama Stewie 1 Quiet Fire bakal rilis pada bulan September 2022. Dan, masuk akal jika signature shoes wanita jatuh ke tangan Stewie. Dia adalah juara WNBA dua kali, MVP Final dua kali, All-Star empat kali, MVP liga satu kali, dan salah satu wajah dari WNBA modern.

"Saya berharap bahwa saya akan menjadi awal dari sesuatu," kata Stewart. "Ada begitu banyak pemain luar biasa di liga ini dan cerita unik dan hal-hal seperti itu, dan mudah-mudahan kami akan memiliki lebih banyak sepatu khas di WNBA."

Sneakers dalam olahraga basket telah berkembang melampaui fungsi dasar alas kaki. Mereka digunakan sebagai jalan menceritakan sesuatu dan alat menyampaikan gagasan. Contohnya, Jordan 13 terinspirasi oleh Ferrari milik Michael Jordan. Durant memiliki colorways, sepatu dengan skema warna yang berbeda, didedikasikan untuk bibinya Pearl yang meninggal karena kanker paru-paru pada tahun 2000. 

Air Deldon terinspirasi oleh saudara perempuan Delle Donne, Lizzie, yang memiliki cerebral palsy dan autisme dan menjadi penguji selama proses pembuatan. Sepatu ini memiliki fitur sistem "press and go fit" yang memungkinkan sepatu dipakai dengan mudah tanpa menggunakan tangan. Ini permintaan khusus dari Delle Donne. Jalur warna pelangi terinspirasi dari Pride, dan ada yang lain yang terkait dengan bisnis pertukangan kayunya, University of Delaware (almamaternya), penyakit Lyme-nya (versi hijau), dan hoodie oranye WNBA yang dipopulerkan oleh Kobe Bryant.

Stewie 1 dengan jalur warna "Quiet Fire" menampilkan warna kuning neon dan hitam. Stewart menyebutnya sebagai hal yang "gila" karena sulit bagi atlet wanita mendapatkan kepercayaan dari sebuah brand. Stewart berterima kasih pada Puma yang mau membuat gebrakan di dunia sneakers.

"Kekurangan kami sebagai atlet wanita adalah kepercayaan dari brand. Karena itu, kami terus berjuang untuk kesetaraan, termasuk dihadapan perusahaan ini," kata Stewart. 

Langkah awal sudah diambil, yaitu menghadirkan signature shoes khusus pemain WNBA. Tapi pada akhirnya, promosi dan penjualan akan menjadi kunci. Seberapa baik penjualan, tentu bisa membuat perusahaan lain tertarik berinvestasi di bola basket wanita. (*)

Artikel Terkait
Sport
Nike Beri Sepatu Baru untuk Devin Booker

Sport
Warna-warni Puma MB.01 'Be You' Milik LaMelo Ball

Sport
Natalie White Berhasil Membuat Sepatu Basket Khusus Wanita Pertama di Dunia