Sport

5 Pemain NBA dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah

Tora Nodisa

Posted on July 10th 2022

Foto: Marca

Banyak sekali rekor-rekor yang sudah ditorehkan di NBA. Tetapi bagi kalian pecinta offense, tentu yang paling menarik adalah poin. Karena semakin agresif pemain tersebut dalam menyerang, maka poin yang dicetak juga lebih banyak. Ada lima besar nama pemain sebagai pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA. Nomor satu ternyata masih aktif bermain. 

Menurut daftar yang dibuat fadeawayworld.net, ada 20 nama pemain NBA yang mencetak poin terbanyak (gabungan poin musim reguler dan playoffs). Namun kami akan mengambil lima besar saja. Karena dalam daftar lima teratas ini cukup menarik. Sekaligus punya karakter dan cerita yang kuat dalam perjalanan karirnya di NBA. 

5. Michael Jordan - 38.279 Poin
Jumlah Pertandingan: 1.251 
Poin Per Game: 30.6 

Mungkin bukan kejutan kalau Michael Jordan ada di urutan lima besar. Dia dianggap sebagai pemain bola basket terhebat sepanjang masa. Michael Jordan adalah pencetak poin dominan untuk dinasti Bulls yang memenangkan 6 gelar juara NBA dalam 6 penampilan Final. Dengan begitu banyak tampil di putaran playoff, tidak heran MJ hampir memiliki 6.000 poin playoffs dalam karirnya bersama Bulls. 

Tahun demi tahun, Jordan meneror pertahanan dengan kemampuan mencetak poinnya. Sangat sulit untuk menyebutkan pencetak poin jarak menengah (perimeter shot) yang lebih baik daripada MJ. Karena dia bisa melakukan fadeaway yang mematikan. 

Jordan begitu hebat, sehingga angka skornya untuk Bulls menempati peringkat pertama sepanjang masa. Tidak ada pemain yang mendominasi grafik penilaian seperti yang dilakukan MJ, karena perpaduan antara fisik yang bagus dengan bakat ofensifnya. Sangat disayangkan menyia-nyiakan dua tahun masa jayanya karena pensiun dini. Meski tidak jadi yang pertama, namun Jordan tetap masuk lima besar pencetak poin sepanjang masa. 

4. Kobe Bryant - 39.283 Poin
Jumlah Pertandingan: 1.566 
Poin Per Game: 25.1

Kobe Bryant adalah salah satu dari lima pencetak poin terbanyak dalam sejarah NBA dalam hal total poin. Pemain berjuluk "The Black Mamba" tersebut punya awal karir yang kurang bagus. Tapi setelah itu, Kobe membawa Lakers ke playoffs 15 kali dalam 20 tahun karirnya. 

Dengan jumlah pertandingan yang banyak memungkinkan Kobe mengumpulkan banyak poin. Di playoffs saja, Kobe bisa mencetak rata-rata 25,6 ppg dengan akurasi 44,8 persen, dan 33,1 persen three point. Kobe mendapatkan 5 cincin juara NBA dan 2 kali MVP Final NBA. 

Meninggalnya Kobe membawa duka mendalam bagi dunia basket. Untuk urusan poin, mendiang bintang Los Angeles Lakers ini ada di urutan keempat, di atas Michael Jordan. 

3. Karl Malone - 41.689 Poin
Jumlah Pertandingan: 1.669 
Poin Per Game: 25.0

Karl Malone disebut-sebut punya fisik seperti gambaran seorang dewa dari Yunani. Dia memiliki bahu lebar dan postur tubuh tinggi menjulang. Ini memungkinkan Malone menjadi pencetak poin terbanyak ketiga dalam sejarah NBA. 

Dalam 193 pertandingan playoff, "The Mailman" mencetak lebih dari 4.700 poin. Catatan ini mengungguli banyak pemain hebat sepanjang masa termasuk Kevin Durant dan Jerry West. Sayangnya Karl Malone tidak punya cincin juara yang melingkar di jarinya. Alasan paling masuk akal adalah Malone ada di era Michael Jordan. Karena dia kalah dua kali dari Chicago Bulls di final NBA. 

Meskipun demikian, The Mailman adalah contoh penyerang paint area yang ganas. Ketika melakukan pick-and-roll dengan John Stockton, maka Karl Malone tidak bisa dibendung. Dia memegang predikat sebagai pencetak poin terbanyak untuk Utah Jazz. 

2. Kareem Abdul-Jabbar - 44.149 Poin
Jumlah Pertandingan: 1.797 
Poin Per Game: 24.6

Pencetak poin terbanyak sepanjang masa NBA musim reguler adalah Kareem Abdul-Jabbar. Tapi dia berada di urutan kedua, kalau digabungkan antara poin musim reguler dan playoffs. 

Center legendaris memiliki tembakan paling tak terbendung dalam sejarah NBA yaitu sky hook. Dia menggunakannya untuk meneror para pemain bertahan selama bertahun-tahun sebagai punggawa Milwaukee Bucks dan Los Angeles Lakers. Belum ada tembakan yang mematikan seperti itu, dan Kareem bisa melakukannya kapan saja dia mau. Itulah alasan mengapa Kareem memiliki rata-rata karir 24,6 ppg dengan akurasi tembakan 55,9 persen.

Jumlah Abdul-Jabbar di postseason juga mengesankan, karena ia rata-rata 24,3 ppg. Faktanya bahwa Kareem merupakan seorang center bisa mencetak rata-rata lebih dari 24 ppg dengan persentase akurasi 50 persen. Kareem juga karir yang panjang yaitu 20 tahun di NBA. 

1. LeBron James - 44.693 Poin
Jumlah Pertandingan: 1.632 
Poin Per Game: 27,4

Baru musim lalu, LeBron James berhasil melewati Kareem Abdul-Jabbar untuk total poin terbanyak yang dicetak selama musim reguler dan playoff. Hebatnya, "King James" bisa menyentuh lebih dari 44.000 poin dalam 19 musim. Karena belum pensiun, maka LeBron masih bisa menambah jumlah poin tersebut. 

Tidak peduli apa yang dikatakan orang tentang keburukan LeBron, yang jelas secara statistik sudah menunjukkan faktanya. Diperkirakan tidak ada pemain yang akan melampaui James untuk rekor poin terbanyak yang dicetak di musim reguler dan playoffs. Hebatnya, King James juga berpeluang melewati Kareem Abdul-Jabbar sebagai pencetak gol terbanyak musim reguler sepanjang masa. Begitu dia menambahkan itu ke resumenya, akan sulit untuk meninggalkan LeBron James dari diskusi untuk pencetak gol terbaik yang pernah ada. 

Umur panjang dan kemampuannya untuk tetap sehat benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya karena kita belum pernah melihat pemain bermain sehebat James. Sebagai anggota Cleveland Cavaliers, Miami Heat, dan Los Angeles Lakers, LeBron James memegang rekor poin terbanyak yang pernah dicetak dan itu kemungkinan tidak akan pernah berubah. (*)

Artikel Terkait
Sport
Starting Five Impian Michael Jordan

Sport
Kobe Bryant Berlatih Lebih Keras Ketimbang Michael Jordan dan LeBron James

Sport
Film Anyar Michael Jordan Tayang 19 April