Tech

Apple Bawa Kembali Wallpaper Asli Tahun 2007 ke iOS 16

Jingga Irawan

Posted on July 9th 2022

Setelah 15 tahun iPhone hadir, ada banyak perubahan besar yang terjadi. Tetapi kali ini pengguna excited karena perusahaan tampaknya membawa elemen lawas di perangkat terbaru.

Pembaruan iOS 16 untuk iPhone semakin dekat. Saat ini, kita berada di rilis Beta ketiga yang ternyata menyertakan kejutan tersembunyi. Wallpaper Clownfish yang digunakan untuk mempromosikan iPhone asli pada tahun 2007 masuk ke iOS 16 versi Beta. Setidaknya untuk beberapa pengembang yang menjalankan iOS build terbaru.

Pengguna Twitter Jack Roberts awalnya membagikan macam-macam wallpaper dari rilis terbaru. Salah satunya tangkapan layar Clownfish di bawah bagian koleksi di iOS 16 Beta 3. Tweet itu kemudian mendapat perhatian besar setelah di-retweet oleh reporter Bloomberg Mark Gurman.

Apple menggunakan gambar wallpaper dua Clownfish dalam anemon hijau di banyak materi promosi untuk iPhone pertamanya, dan itu adalah wallpaper ketika Steve Jobs pertama kali memamerkan iPhone di atas panggung di MacWorld tahun 2007.

Tetapi anehnya, saat itu, Apple tak pernah menyertakannya dalam perangkat bawaan. Versi lengkap dari gambar tersebut kemudian dirilis di Mac. Tepatnya pada peluncuran Mac OS X 10.6 Snow Leopard 2009, wallpaper itu bisa ditemukan di bawah folder Nature di Desktop & Screen Saver.

Baca Juga: Twitter Uji Coba CoTweets, Pengguna Bisa Bikin Tweet Kolaboratif

Belum ada kabar apakah wallpaper Clownfish akan menuju rilis iOS 16 Beta publik yang akan datang, dan mereka yang memiliki akses ke versi pengembang juga tak dijamin untuk mendapatkannya, karena tampaknya diluncurkan secara bertahap.

Gambar ini tentu sangat dinanti-nantikan pengguna, khususnya penggemar setia iPhone. Sepertinya, kualitas gambar juga ditingkatkan dari versi asli dan dalam resolusi yang lebih tinggi. Dan seperti yang ditunjukkan oleh pengguna Reddit ActorVMU, ia juga memiliki animasi parallax swipe-up yang keren.(*)

Foto: Jack Roberts via Twitter/Apple

Artikel Terkait
Tech
iOS 16 Bakal Punya Fitur Always On untuk iPhone Terbaru

Tech
3 Fitur yang Wajib Dicoba Pengguna iOS 16

Tech
iOS 16 Diklaim Bakal Bawa Peningkatan Besar untuk Pengguna iPhone