Esports

Mengenal Global Ban Pick, Sistem yang Menuntut Pemain Punya Hero Pool Luas

Dika Afandi N

Posted on July 8th 2022

Beberapa hari belakangan, para penggemar game Mobile Legends digegerkan dengan “Global Ban Pick”. Sebab, metode ini direncanakan akan digunakan di ajang Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 10.

Apa itu Global Ban Pick? Apa impact-nya di kompetisi? Jadi, Global Ban Pick adalah sistem dimana hero-hero yang dipakai tim pada game pertama, tak boleh digunakan lagi di game selanjutnya. Sistem itu bisa kembali normal, jika dilakukan reset Global Ban Pick.

Imbasnya, para pemain diwajibkan memiliki hero pool yang luas. Sebab, para pemain profesional tak bisa mengandalkan hero itu-itu saja. Positifnya, sistem ini akan membuat para pemain bisa berkembang. Karena mereka juga tak ingin kalah di scene kompetitif.

Banyak yang berpikir bahwa Global Band Pick ini menjadi kunci pengembangan scene kompetitif game bergenre multiplayer online battle arena (MOBA).

Dilansir dari One Esports, Azwin Nugraha, PR Manager Moonton, pernah memikirkan sistem ini dua tahun lalu. “Kami masih mengevaluasi soal Global Ban. Terutama pertimbangannya adalah feedback dari tim,” tegas Azwin.

Kini turnamen Mobile Legends ladies, UniPin Ladies Series Season 2, juga mencanangkan sistem Global Ban Pick yang membuat sistem ini pun ramai diperbincangkan. Saat ini, Mobile Legends telah memiliki 117 hero. Dengan jumlah itu, tentunya sudah bisa menerapkan sistem Global Ban Pick ini.

Tapi ada sebuah catatan, bahwa tidak semua hero itu masuk ke dalam meta. Masih banyak hero power yang timpang satu sama lain. Itu yang membuat pro dan kontra sistem Global Ban Pick.

Namun, Global Ban Pick ini patut untuk di-trial. Sebab, hampir separuh dari total hero yang ada merupakan hero meta. Apalagi, Mobile Legends: Bang Bang selalu cepat merilis hero baru. (*)

Foto: Moonton

Artikel Terkait
Esports
MPL ID S10 Bergulir 12 Agustus, Siapa Calon Kuat Juara?

Esports
Evos Legends Open Trial Pemain Baru

Esports
Terpuruk di MPL dan MDL, Geek Fam ID Lakukan Open Trial