Esports

Valve Tambahkan Fitur Surrender untuk Game DOTA 2

Dika Afandi N

Posted on July 8th 2022

Valve, akhirnya memperkenalkan fitur baru untuk pemain yang ber-party lima orang unruk memanggil “GG” di game DOTA 2. Kini pemain juga bisa menekan tombol surrender setelah game berjalan 30 menit.

Berbeda dengan League of Legends, para pemain DOTA 2 selalu harus bermain sampai akhir pertandingan, namun itu tak akan terjadi lagi pada antrian party.

Sekarang, pemain bisa surrender hanya dengan mengetik kata “gg” ke dalam obrolan. Arti kata gg itu adalah good game, yang berarti mengakui kehebatan tim lawan. Sebelum game berakhir, akan ada countdown waktu selama 10 detik untuk mengakhiri game. Tetapi, pemain juga bisa membatalkan surrender setelah mengetik “gg” kepada lawan.

Tak hanya itu, kini match making juga mendapat pembaruan. Yang pertama, full parties saat ini sudah bisa bertanding melawan tim yang valid. Mereka tidak lagi diharuskan melawan tim yang sedang party di mode ranked.

Kedua, setting match making disesuaikan untuk mencari kecocokan. Apalagi, tim tersebut sedang full party. Gunanya juga untuk menjaga keseimbangan game.

Meskipun tim yang full party lebih cepat melakukan match making, namun masih ada resiko ketidakseimbangan tim. Sebab, mekanikal setiap pemain tentunya berbeda-beda. Namun, juga ada perbedaan yang signifikan untuk pemain yang party berdua atau bertiga di mode ranked.

Perubahan ini masih bersifat eksperimental. Valve, tetap akan meninjau terus hasil perubahan ini dan juga melakukan adjustment lebih lanjut pada sistem match making.

Selama ini, surrender sudah menjadi topik perdebatan di Fandom DOTA 2 selama bertahun-tahun. Banyak pemain DOTA 2, yang sudah vokal akan fitur surrender. Karena bisa merusak filosofi permainan “bermain hingga akhir”. Namun, opsi surrender dilakukan di awal game, juga dapat menjadi bumerang untuk pemain yang bermain solo.

Namun, tidak salah juga jika fitur surrender ini diberlakukan untuk pemain yang full party. Sebab, kekalahan tersebut tentunya sudah disepakati secara bersama. (*)

Foto: Valve

Artikel Terkait
Esports
Terlibat Match Fixing, Valve Banned Omega Esports di Scene DOTA 2

Esports
Techies Dapat Rework di Update Patch 7.31 Dota 2, Ini Berbagai Updatenya...

Esports
Valve Putuskan The International Tidak Akan Dihadiri Penonton