Lifestyle

5 Kebiasaan Makan Ini Diam-Diam Bikin Kolesterolmu Melejit

Dwiwa

Posted on July 7th 2022

Jika selama ini kamu berpikir kolesterol tinggi hanya masalah bagi orang-orang yang sudah berusia lanjut, itu salah besar. Sebab, tidak sedikit orang berusia muda yang kini juga sudah mengalami kolesterol tinggi.

Kolesterol dalam jumlah cukup sebenarnya dibutuhkan dalam tubuh untuk membuat sel. Tetapi memiliki terlalu banyak dapat menyebabkan berbagai masalah seperti pembekuan darah di arteri, yang pada akhirnya dapat menyebabkan stroke atau penyakit jantung bagi sebagian orang.

Lalu, apa yang menjadi penyebab dari kolesterol tinggi? Dilansir Eat This, Not That!, ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap lonjakan kadar kolesterol, termasuk merokok, kelebihan berat, kurang olahraga, dan pola makan yang buruk.

Berikut beberapa kebiasaan makan buruk yang bisa secara diam-diam membuat kolesterol melejit.

 

1. Terlalu banyak makan daging merah

Diet tinggi daging merah telah diketahui meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Ini terutama karena di dalamnya ada kandungan lemak jenuh.

"Penyakit jantung dan obesitas adalah penyakit utama yang terkait dengan diet tinggi daging merah. Ini karena kandungan lemak jenuh daging yang tinggi, yang menyebabkan peningkatan kolesterol dan penyumbatan arteri bersama dengan trigliserida. Menghilangkan atau mengurangi lemak jenuh secara signifikan dalam diet adalah salah satu perubahan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung," kata Trista Best, MPH, RD, LD dari Balance One Supplements.

 

2. Diet yo-yo

Banyak orang mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi diet ketat atau diet tidak sehat lainnya sebenarnya dapat menyebabkan masalah dengan kesehatan dan kadar kolesterol kamu loh.

"Satu kebiasaan umum yang kurang diketahui berdampak pada kolesterol adalah siklus berat badan. Secara khusus, siklus berat badan (juga dikenal sebagai diet yo-yo) telah dikaitkan dengan HDL yang lebih rendah (kolesterol 'baik') dan LDL (kolesterol 'jahat') yang lebih tinggi,” kata Rachel Fine, RDN dan pendiri To The Pointe Nutrition.

Dia menambahkan, harus dipertimbangkan bahwa metode ekstrem apa pun untuk menurunkan berat badan mungkin lebih berdampak pada kolesterol daripada benar-benar mempertahankan berat badan yang lebih tinggi (dan mungkin) lebih nyaman bagi tubuh siapa pun. Karena itu, perangi stigma berat badan sistemik dan hindari diet ketat.

 

3. Makan gorengan

Makanan yang digoreng memang enak dan menggoda. Tetapi dibalik rasa lezat itu, mungkin akan berdampak negatif pada kolesterol.

“Penting untuk menghindari atau membatasi makanan yang digoreng. Makanan ini adalah makanan yang tinggi kolesterol dan harus dihindari sebisa mungkin, terutama karena minyak terhidrogenasi yang digunakan untuk menggoreng makanan ini mengandung lemak jahat yang cenderung meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. ," kata Beth Hawkes, RDN, ahli diet terdaftar dan pemilik Nurse Code.

 

4. Makan terlalu banyak gula tambahan

Hawkes mengatakan jika membatasi makanan manis juga penting untuk menghindari kolesterol tinggi. Es krim dan makanan yang dipanggang, seperti kue, pastrie, dan kue kering, mengandung gula tambahan, dan ada hubungan antara gula tambahan dan peningkatan LDL (kolesterol jahat).

“Gula tambahan juga menurunkan tingkat HDL (kolesterol baik) dan meningkatkan trigliserida dalam tubuh. Makanan manis ini, bersama dengan minuman ringan dan jus kalengan, juga dikaitkan dengan penambahan berat badan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh," kata Hawkes.

 

5. Makan makanan ultra proses atau kemasan

Terakhir, jika kamu dapat menghindari atau membatasi konsumsi makanan kemasan, itu mungkin dapat membantu mengelola kadar kolesterol.

"Makanan ini dapat meningkatkan kolesterol karena makanan ini memiliki sedikit serat di dalamnya, sering kali mengandung minyak sawit (atau turunannya) yang sangat jenuh (dan berbahaya bagi lingkungan), dan mengandung sedikit nutrisi sehat, membuatnya menyebabkan peradangan dan cenderung meningkatkan kolesterol," kata Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, RD ahli diet terdaftar dan penulis Recipe for Survival. (*)

 

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Lifestyle
Sarapan Ini Bisa Bikin Kolesterol Naik Loh, Stop Mulai Sekarang

Interest
Khawatir Kolesterol Naik Saat Lebaran? Coba 5 Buah Ini Untuk Mengatasinya

Lifestyle
Pengen Jaga Body? Hindari 5 Jenis Diet Ini Yaaaa