Sport

Jersey Final Stephen Curry Laku Rp 3 Miliar

Tora Nodisa

Posted on July 6th 2022

Foto: South China Morning Post

Stephen Curry kembali memecahkan rekor. Kali ini bintang Golden State Warriors ini tidak perlu capek-capek bermain basket. Dia tinggal duduk saja, dan mendapatkan uang sebanyak 3 miliar rupiah. Ini merupakan hasil dari penjualan jersey Curry di Game 1 Final NBA 2022 bulan lalu. 

Kurang dari sebulan setelah Curry membawa Warriors juara, dia sudah mendapatkan uang 3 miliar rupiah. Uang tersebut didapat dari penjualan jersey Final NBA 2022 Game 1, di mana Curry mencetak rekor NBA dengan memasukkan 6 three point pada kuarter pertama. Total Curry memasukkan 7 three point dari 14 percobaan di laga tersebut. 

Pertandingan pertama Final NBA 2022 dimenangkan oleh Warriors dengan skor 120-108, di Chase Center, California, Amerika Serikat. Curry menjadi pemain terbaik Warriors dengan catatan 34 poin, 5 assist, dan 5 rebound. Karena penampilan tersebut, jersey yang dipakai Curry bisa terjual dengan harga yang fantastis. 

Dilansir NBA Auctions, terdapat 101 tawaran setelah jersey tersebut dimasukkan dalam lelang. Akhirnya setelah ditutup, maka pemenang lelang mendapatkan jersey tersebut seharga AS$203.330 atau setara dengan 3,05 miliar rupiah. Uang sebanyak itu sepenuhnya menjadi milik Curry, setelah dipotong biaya administrasi lelang dan pajak.  

Nilai barang koleksi atau memorabilia yang terkait dengan Curry meningkat baru-baru ini. Karena Curry merupakan salah satu dari hanya 10 pemain dalam sejarah NBA yang berhasil memenangkan penghargaan MVP Final dan dua MVP NBA. Dia juga memecahkan rekor NBA untuk jumlah three point terbanyak dalam sejarah liga. Selain bergelar penembak jitu paling mematikan di NBA, Stephen Curry juga memiliki prestasi cemerlang yaitu empat cincin juara NBA, dua MVP musim reguler, satu MVP Final, MVP All-Star Game, empat kali All-NBA Team, dan delapan kali terpilih All-Star.

Sementara itu, dalam sejarahnya lelang jersey pemain NBA, ini bukanlah yang termahal. Sebab ada jersey yang terjual seharga AS$ 3,69 juta atau setara dengan 55,4 miliar rupiah. Jersey tersebut milik mendiang Kobe Bryant yang dipakai di musim pertamanya (rookie). (*)

Artikel Terkait
Sport
Naomi Osaka Senang Bisa Bertemu Suga BTS di NBA Japan Games 2022

Sport
Meriahnya Parade Juara Golden State Warriors

Sport
Perjalanan Stephen Curry di Regular Season Berakhir