Lifestyle

Nggak Pakai Mahal, Begini Cara Cuci Sepatu Warna Putih yang Benar

Soffya Ranti

Posted on July 6th 2022

Nggak Pakai Mahal, Begini Cara Cuci Sepatu Warna Putih yang Benar

Sepatu putih memang favorit sebagian orang. Tak hanya terlihat keren saat menggunakannya. Sepatu putih juga tampak cocok dipasangkan dengan outfit apa pun. Namun bagi pemilik sepatu putih tentu memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya dalam segi mencuci sepatu.

Karena sepatu memiliki warna putih yang mudah kotor, tentu noda sedikit yang menempel di sepatu akan mudah terlihat. Tak jarang noda tersebut susah dicuci dan meninggalkan bekas. Kamu pun lebih memilih jasa cuci sepatu di luar. Tentu tak jarang hal ini menguras kantong. Terlebih lagi jika kamu rutin mencuci sepatu dalam beberapa bulan. Nah biar lebih hemat, yuk ikuti cara mencuci sepatu putih berikut ini.

Baca Juga: Rayakan Ultah ke-25, Toy Story dan Adidas Collab Buat Sepatu Anak-anak

Cara membersihkan sepatu putih berbahan kulit

Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah kertas tisu, sabun batang putih, dan kain katun bekas. Jika memungkinkan gunakan sabun pembersih sepatu khusus untuk sepatu kulit. Berikut ini Langkah-langkah membersihkannya:

Langkah pertama:

Basahi tisu dengan air. Usap bagian luar sepatu dengan lembut menggunakan tisu. Langkah ini akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel di bagian depan sepatu. Setelah selesai mengusap sepatu, keringkan selama 10 menit.

Langkah kedua:

Mulai bersihkan bagian sol sepatu. Untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan sabun khusus yang bisa kamu beli secara online di berbagai marketplace. Bersihkan sol sepatu mulai dari atas lalu ke bawah hingga noda hilang. Saat membersihkannya, usahakan untuk tekan dengan lembut dan jangan menggosoknya terlalu keras agar tidak lecet.

Langkah ketiga:

Langkah terakhir adalah mulai membersihkan sepatu dengan sabun. Pada sesi ini kain katun menjadi peran utama dalam membersihkan sepatu. Pertama, basahi kain lap katun dan beri sabun batang putih.

Usap lembut bagian sepatu hingga bersih. Jangan terlalu keras dalam mengusapnya agar tidak lecet. Terakhir, bersihkan sisa sabun dengan lap. Setelah itu keringkan kembali hingga 10 menit.  

Baca Juga: Sandal Swallow Kolaborasi dengan Sepatu Aerostreet, Desainnya Unik Banget!

Cara membersihkan sepatu putih berbahan kanvas

Tak hanya sepatu berbahan kulit, banyak pengguna yang juga memiliki sepatu dengan bahan kanvas. Selain itu beberapa dari mereka juga mengeluhkan susahnya menghilangkan noda di sepatu kanvas. Namun hal tersebut bisad dengan mudah kamu bersihkan dengan cara berikut ini: 

Langkah pertama:

Siapkan bahan cuka putih, soda kue, dan air hangat. Campur perlahan satu sendok makan soda kue, dua sendok makan cuka putih dengan secangkir air hangat. Aduk hingga bercampur dan tunggu sampai buih larutan menghilang. 

Langkah kedua

Celupkan kain atau sikat gigi bekas ke dalam campuran pembersih tersebut. Gosok perlahan hingga kotoran di sepatu hilang. Setelah kotoran menghilang bilas dengan air dan keringkan sepatu. Jika kamu tidak memiliki soda kue dan cuka putih, kamu bisa menggunakan pembersih alternatif dengan menggunakan sabun cuci piring dan air biasa.

Mudah kan? Nah sekarang kamu bisa mencuci sepatu putih lebih mudah dan murah. Selamat mencoba. (*)

Foto: Freepik

Artikel Terkait
Lifestyle
McLaren Buat Sepatu Lari Seharga 6,7 Juta Rupiah

Lifestyle
Jennie BLACKPINK Padukan Sepatu Sepeda dengan Gaya Santai

Lifestyle
Adidas Nizza yang Kembali Digemari