Interest

Intip Desain Papan Unik Mahasiswa ITS, Ada Kursi "Let Me Hug U" dan "Wangrove"

Dwiwa

Posted on July 5th 2022

Kreativitas sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam menginovasikan desain papan membuahkan hasil manis. Mereka berhasil menyabet medali dalam ajang Bharatika Creative Design Festival 2022 dalam cabang yang berbeda-beda.

Sebuah ajang tahunan yang digelar oleh Universitas Katolik Petra (UKP) ini merupakan salah satu ajang bergengsi di kalangan mahasiswa desain Indonesia.

Dilansir dari ITS News, di cabang Chair Design, mahasiswa ITS bernama Sarah Salasa Salsabila menyabet medali emas dengan mengusung desain kursi unik bernama “Let Me Hug U”. Sesuai namanya, bentuk kursi ini memang layaknya orang yang sedang merangkul penggunanya. Desain kursi yang dibuat dari kayu akasia ini sengaja dibuat agar pengguna yang merasa kesepian dapat menemukan sandaran dan membangkitkan kembali semangatnya.

Selain itu, ada detail kecil yang unik pada kursi ini. Salah satunya adalah keberadaan tempat penyimpanan spidol dan sticky notes di sisi lengan kirinya. Tujuannya, pengguna yang ingin berkeluh kesah, dapat mengekspresikannya di atas kertas kecil tersebut. Adapun hasil tulisannya dapat ditempelkan di papan kursi yang berbentuk orang-orangan.

Tak hanya sampai di situ, detail lain yang tak kalah unik adalah hiasan bunga krisan yang menurut penelitian dapat meningkatkan kesehatan mental manusia. Bunga ini juga dapat mengurangi amonia, toluene, dan formaldehida yang mampu meningkatkan kualitas udara. Ada juga stop kontak yang bisa digunakan untuk mengecas baterai gawainya.

Desain kursi “Wangrove” karya mahasiswa ITS yang meraih medali perunggu pada cabang lomba Chair Design Bharatika Creative Design Festival 2022.

Di cabang yang sama, mahasiswa ITS lain bernama Endry Salsabila Sampurno berhasil menyabet medali perunggu dengan membawakan desain kursi unik bernama “Wangrove”. Berbeda dengan sebelumnya, desain kursi ini lebih mengutamakan segi multifungsi. Sesuai namanya, kaki kursi ini terinspirasi dari akar mangrove yang kuat menahan ombak. Begitu juga dengan desain dudukan kursinya yang diadopsi dari bentuk ombak yang bergelombang.

Kursi ini dirancang secara ergonomis mengikuti lengkung punggung manusia. Selain itu, kursi juga dapat difungsikan sebagai meja ataupun tempat untuk berbaring penggunanya dengan mengatur panjang dan pendek sandarannya. Fitur lain yang tak kalah menarik adalah adanya tempat penyimpanan barang di kolong kursi yang dapat digunakan untuk menaruh botol atau barang-barang lainnya.

Kemudian di cabang berbeda, yakni Interior Living Room Design, mahasiswa ITS bernama Ferdy Pradipta Zulfaninata dan Talitha Aqilla berhasil memboyong medali perak dengan membawakan desain yang diberi nama “Promilux”. Ini merupakan desain tata ruang sebuah ruang keluarga yang adaptif untuk kebutuhan work from home (WFH).

Inovasi menonjol dalam desain ini adalah adanya sebuah sekat portabel untuk menghalau distraksi audio maupun visual saat orang tua sedang fokus bekerja. “Sebaliknya, saat sedang bersantai dan ingin mengawasi anak belajar, sekat tersebut dapat dibuka,” ujar Ferdy.

Desain interior ruang keluarga bernama “Promilux” karya mahasiswa ITS  yang meraih medali perak pada cabang Interior Living Room Design dalam ajang Bharatika Creative Design Festival 2022.

Foto: ITS News

Artikel Terkait
Interest
Dua Tim Mobil Hemat Energi ITS Juarai Kompetisi Pemrograman Internasional

Interest
Kreatif! Mahasiswa ITS Ubah Kulit Pisang Jadi Abon

Interest
Mahasiswa ITS Gagas Bantu.Ind, Aplikasi Penyedia Daily Service