Tech

WhatsApp Bakal Tambah Batas Waktu Hapus Pesan Terkirim, Jadi 2 Hari!

Jingga Irawan

Posted on July 5th 2022

WhatsApp pertama kali merilis fitur hapus pesan yang sudah terkirim dalam obrolan grup pada 2017. Saat itu, batas waktunya cukup sedikit. Maksimal berjarak delapan menit dari pesan terkirim. Tetapi aplikasi mengubah batas waktu itu menjadi satu jam.

Ada petunjuk tahun lalu yang menandakan bahwa WhatsApp akan memperluas batas ini hingga tiga bulan. Namun, perubahan itu tak pernah diluncurkan. Mungkin karena para pengembang fitur menyadari bahwa batas waktu tersebut terlalu lama. Rupanya, rencana untuk memperluas batas waktu itu masih ada. Tetapi tak sampai dalam hitungan minggu.

Dilansir WABetaInfo, WhatsApp telah meningkatkan batas waktu untuk menghapus pesan terkirim menjadi 2 hari dan 12 jam bagi beberapa pengguna pada rilis beta v2.22.15.8 terbaru. Ini jauh lebih panjang dari waktu saat ini yang hanya 1 jam, 8 menit, dan 16 detik.

Baca Juga: WhatsApp Siapkan Fitur Sembunyikan Status “Online” Pengguna

Aplikasi pesaing utama Telegram memungkinkan penggunanya menghapus pesan terkirim dalam waktu 48 jam sejak terkirim. Jadi WhatsApp masih unggul 12 jam di sini.

Tak ada indikator di WhatsApp beta yang memberi tahu pengguna soal peningkatan batas waktu ini. Kalian hanya perlu mencobanya sendiri dengan mengirim pesan ke grup dan kemudian mencoba menghapusnya setelah beberapa hari.

Ini bukan satu-satunya peningkatan yang sedang dikerjakan WhatsApp untuk menghapus pesan. Fitur untuk mengizinkan admin grup menghapus obrolan dari anggota di grup juga sedang dikembangkan. Fitur ini bisa mengurangi perdebatan merugikan yang biasanya terjadi dalam kelompok. Namun, fitur tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membungkam orang lain yang hendak mengajukan pendapat.

Aplikasi perpesanan milik Meta itu dikenal memakan waktu lebih lama untuk menambahkan fitur-fitur baru ke tahap pengembangan selanjutnya, tetapi perlunya waktu ekstra bisa membawa perilisan fitur yang lebih stabil.(*)

Foto: Pixabay

Baca Juga: 7 Aplikasi Chat Paling Aman

Artikel Terkait
Tech
Muncul Peringatan “Waiting for This Message” di WhatsApp, Apa Maksudnya?

Tech
Cara Mengirim Pesan WhatsApp ke Orang Lain Tanpa Menyimpan Nomornya

Tech
WhatsApp Bakal Izinkan Pengguna Mengenskripsi Backup Chat di Cloud