Sport

Timnas Basket Indonesia Gugur di FIBA World Cup 2023 Qualifiers Putaran Pertama

Tora Nodisa

Posted on July 4th 2022

Foto: fiba.basketball

Sangat disayangkan ketika Timnas Indonesia harus gugur di putaran pertama FIBA World Cup 2023 Qualifiers. Tapi memang begitulah kenyataannya, meski Indonesia menjadi tuan rumah, namun mereka malah tak lolos kualifikasi. Timnas Indonesia kalah 52-77 atas Yordania, di Istora Senayan, Jakarta, Senin malam, 4 Juli 2022. Hasil ini menutup salah satu pintu timnas Indonesia menuju babak utama Piala Dunia Basket 2023 mendatang. 

Timnas Indonesia tergabung di Grup C untuk kualifikasi putaran pertama ini. Lawan Indonesia adalah Yordania, Lebanon, dan Saudi Arabia. Sistem pertandingannya home-and-away. Jadi setiap tim akan menjalani enam pertandingan. Ternyata dari enam laga yang dijalani timnas Indonesia, skuad asuhan Rajko Toroman ini tidak pernah menang. 

Dengan berakhirnya pertandingan melawan Yordania, maka berakhir sudah perjalanan Indonesia di FIBA World Cup 2023 Qualifiers ini. Karena dari Grup C, hanya tiga tim yang berhak lolos ke putaran kedua, yakni Yordania, Lebanon, dan Saudi Arabia. Bersamaan dengan ini, maka tertutup juga satu pintu menuju babak utama FIBA World Cup 2023. Sekarang tinggal memaksimalkan peluang lolos ke babak utama melalui syarat khusus FIBA, yaitu mendapatkan peringkat delapan besar di Asia Cup 2022. 

Menariknya adalah dua dari tiga negara yang menjadi lawan Indonesia di FIBA World Cup 2023 Qualifiers ini, juga satu grup di babak penyisihan FIBA Asia Cup 2022. Mereka adalah Yordania dan Saudi Arabia. Sementara itu, selain kedua tim ini, Indonesia juga akan berhadapan dengan Australia di Grup A. 

FIBA Asia Cup 2022 akan dimulai 12 Juli dan berakhir pada 24 Juli 2022, di Istora Senayan, Jakarta. Pada ajang ini, selain menjadi tuan rumah, Indonesia juga punya misi khusus. Mereka dibebani target untuk bisa menempati peringkat delapan di klasemen akhir. Dengan begitu, Indonesia mendapatkan tiket ke babak utama FIBA World Cup 2023, meski tak lolos kualifikasi. (*)

 

Artikel Terkait
Sport
Simpan Tenaga untuk Asia Cup 2022, Timnas Lepas Kualifikasi World Cup 2023

Sport
Timnas Basket Indonesia Kembali Mengakui Keperkasaan Yordania

Sport
Kalah dari Tiongkok, Tiket Indonesia ke FIBA World Cup 2023 Hangus