Portrait

Penemu Ponsel Pertama di Dunia Terkejut dengan Gaya Hidup Pemakai HP Sekarang

Jingga Irawan

Posted on July 4th 2022

Kalian mungkin sudah nggak asing lagi dengan Steve Jobs, Andy Rubin, hingga Mike Lazaridis. Mereka adalah orang-orang hebat di balik teknologi gadget kalian saat ini. Tapi kalian tahu nggak siapa penemu ponsel pertama di dunia?

Dia adalah Martin Cooper. Usianya kini sudah 92 tahun. Sekarang tinggal di Chicago, Cooper menciptakan Motorola DynaTAC 8000X pada 1973. Itu adalah ponsel pertama di dunia. Karena usianya nggak lagi muda, Cooper sedikit terkejut dengan peran gadget di kehidupan sehari-hari kita saat ini.

Saat melakukan wawancara dengan BBC Breakfast, Cooper menyuruh orang untuk menikmati kehidupan. Pernyataan itu muncul sebagai tanggapan atas pengakuan seorang co-host yang mengklaim telah menghabiskan waktu lebih dari lima jam per hari menggunakan ponselnya.

"Kamu yakin? Kamu benar-benar menghabiskan lima jam sehari? Nikmati kehidupan!” katanya, sebelum tertawa terbahak-bahak.

Insinyur itu telah bekerja di Motorola selama lebih dari dua dekade. Keinginannya untuk membuat ponsel berawal dari rasa frustrasi dengan semakin populernya telepon di mobil.

“Orang-orang telah terhubung [melalui telepon] ke meja dan dapur mereka selama lebih dari 100 tahun, dan sekarang mereka akan menghubungkan kita ke mobil kita, di mana kita [hanya] menghabiskan 5 persen dari waktu kita?” Cooper mengingat pemikirannya dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan CBS News.

Dia kemudian muncul dengan ide untuk membuat telepon portabel yang dapat dibawa orang ke dalam mobil mereka. Tetapi juga dikeluarkan dari kendaraan dan digunakan saat mereka menjalankan tugas. Jadi telepon itu nggak menetap di dalam mobil dan jarang dipakai.

Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Avatar untuk Dipakai Video Call

Sebelum dia fokus pada mekanisme ponsel, dia membayangkan seperti apa perangkat itu, dengan mengatakan dia ingin ponsel itu "cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam saku, tetapi cukup besar sehingga panjangnya bisa sampai di antara telinga dan mulut pengguna."

Cooper bahkan ingin setiap orang memiliki nomor telepon mereka sendiri. Yang sekarang dia sebut sebagai prestasi terbesarnya. Pada saat itu, nomor telepon masih dikaitkan dengan tempat tertentu, seperti rumah, mobil, atau meja kantor.

Motorola kemudian menggelontorkan jutaan dolar ke dalam proyek Cooper beserta insinyur dan timnya. Mereka hanya membutuhkan waktu tiga bulan untuk membuat telepon, mengingat mereka telah menggunakan teknologi serupa untuk membuat radio polisi sebelumnya.

Setelah selesai, perangkat itu diberi nama Motorola DynaTAC 8000X. Beratnya 1 kilogram lebih dan panjangnya 25 sentimeter. Baterainya hanya bertahan selama 25 menit dan membutuhkan waktu 10 jam untuk mengisi ulang.

Pada tanggal 3 April 1973, Cooper melakukan panggilan ponsel pertama kali menggunakan perangkat tersebut. Saat itu, ia memutuskan untuk menelepon pesaingnya, Joel Engel, yang bekerja sebagai kepala teknisi di AT&T.

Baca Juga: Mengapa iPhone Berhenti Mengisi Daya pada Angka 80 Persen?

Acara berlangsung di luar ruangan di depan wartawan di Midtown Manhattan, dengan Cooper menghubungi telepon rumah Engel.

“Joel, ini Marty. Aku meneleponmu dari ponsel, ponsel portabel yang benar-benar kugenggam,” katanya, ketika para wartawan menyaksikan dengan takjub.

Namun, telepon itu tak memasuki pasar selama satu dekade lebih lanjut, akhirnya dirilis ke publik pada tahun 1983. Harganya USD 3.995 (Rp 56 juta). Empat kali lipat dari harga iPhone 13 Pro Max.

Cooper menulis tentang penemuan telepon dalam memoarnya, Cutting the Cord, yang dirilis tahun lalu. Dia mengatakan kepada CBS News bahwa studio film telah mendekatinya tentang kemungkinan adaptasi film. Sekarang, hampir setengah abad setelah penemuan Cooper, seluruh orang di dunia tak pernah lepas dari telepon genggam.

Sebuah survei tahun 2021 terhadap 2.028 orang Amerika oleh Statista menemukan bahwa 46 persen responden menghabiskan lima hingga enam jam di ponsel mereka setiap hari. Sebelas persen responden menghabiskan tujuh jam atau lebih di perangkat mereka.(*)

Foto: FCC.Gov

Artikel Terkait
Lifestyle
5 Kebiasaan Makan Ini Diam-Diam Bikin Kolesterolmu Melejit

Tech
Harus Tahu Lebih Dulu! Ini Update yang Disiapkan WhatsApp

Lifestyle
Kalian Penggemar Makanan Olahan? Ketahui Dulu Yuk Dampak Buruknya