Interest

Tips Jitu Hindari Banjir Keringat di Wajah Saat Matahari Lagi Terik

Dwiwa

Posted on July 4th 2022

Indonesia kini memasuki musim kemarau. Selain hujan yang semakin jarang, di musim ini biasanya matahari juga bersinar lebih terik. Kondisi yang membuat orang jadi mengeluarkan keringat lebih banyak.

Meskipun keringat adalah mekanisme alami untuk menjaga suhu tubuh, tetapi pada sebagian orang ini bukan hanya sekadar tetesan-tetesan embun kecil. Beberapa orang bisa benar-benar basah kuyup dan tentu saja bisa mengganggu penampilan.

Lalu, bagaimana caranya agar wajah kita tidak berkeringat terlalu banyak di musim kemarau ini? Dilansir Bestlife, berikut beberapa tips dari penata rias, dokter kulit, dan ahli kecantikan untuk mengatasi keringat di wajah berlebihan saat cuaca panas. 

 

Hindari makanan pedas, kafein, dan alkohol
Langkah pertama untuk mengurangi keringat di wajah adalah dengan menghindari hal-hal yang memperparahnya. "Membatasi asupan makanan pedas, kafein, atau alkohol dapat menurunkan panas yang dihasilkan tubuh setelah mengonsumsi makanan tersebut," kata Ksenia Sobchak, dokter kulit yang berbasis di London. Dengan begitu, keringat bisa diminimalkan. 

Jadi, mengapa produk ini menimbulkan panas? Menurut Healthline, minum alkohol dapat meningkatkan detak jantung dan memperlebar pembuluh darah di kulit, yang dapat memicu keringat. Kafein, stimulan, memiliki efek meningkatkan detak jantung yang serupa.

Sementara makanan pedas, seperti paprika, mengandung zat kimia yang disebut capsaicin, yang membuat tubuh kita terasa lebih hangat, menurut WebMD. Kita berkeringat untuk mendinginkan kembali.

 

Oleskan antiperspirant
Jika berpikir antiperspirant hanya untuk ketiak, kalian salah. "Beberapa orang mungkin merasa lega karena menggunakan antiperspiran yang dijual bebas atau obat resep yang dirancang khusus untuk wajah," kata dokter kulit bersertifikat Allison Leer, MD, dari Unity Skincare.

Leer menjelaskan, antiperspirant wajah mengandung aluminium klorida atau aluminium klorohidrat yang mengecilkan dan menyumbat pori-pori untuk mencegah keringat keluar. Tetapi sebelum menggunakannya, konsultasikan lebih dahulu dengan dokter kulit karena tidak semua orang bisa menggunakannya.

 

Membawa rice paper
Jangan mengabaikan produk kecantikan ini sebagai gimmick. Faktanya, ini dapat membantu kita mendapatkan kulit yang sempurna tidak peduli suhu apa pun.
"Bawa ini setiap saat, terutama saat cuaca hangat datang," kata penata rias profesional Mary Winkenwerder. "Saat kalian merasakan pancaran cahaya yang besar, tarik keluar selembar rice paper dan usap dengan lembut area tersebut dengan gerakan tekan dan gulung."

Kalian bisa menggunakan satu lembar kertas di seluruh wajah yang mulus. Namun, jika memiliki satu atau dua jerawat, Winkenwerder menyarankan untuk menggunakan lebih dari satu lembar per zona wajah agar jerawat tidak menyebar. Rice paper akan menyerap kelembapan berlebih untuk hasil semi-matte hingga matte.


Coba Botox
Anda mungkin paling akrab dengan Botox karena efeknya yang mengurangi kerutan. Namun, cara ini juga bisa meminimalkan produksi keringat. "Suntikan botox digunakan untuk secara signifikan mengurangi aktivitas saraf yang mempengaruhi kelenjar keringat," kata Shawnda Dorantes, APRN, FNP-C, praktisi perawat dan pendiri Beauty Lounge Medical Spa.

Tentu saja, ketika menggunakan Botox untuk keringat, akan ada juga efek samping lain, seperti kelumpuhan pada dahi (hal yang baik atau buruk tergantung pada preferensi kalian!). "Kadang-kadang, beberapa perawatan diperlukan agar suntikan mulai bekerja," kata Dorantes. "Untungnya, suntikan dapat membantu mengatasi gejala keringat di wajah hingga 12 bulan."

 

Jaga tetap dingin
"Saya sarankan kurangi suhu kamar kalian menggunakan kipas angin atau AC," kata Sobchak. "Ini membantu wajah tetap dingin setiap saat, secara umum menurunkan keringat."

Jika AC tidak tersedia, Leer menyarankan untuk menggunakan produk pendingin lainnya, seperti ice pack, air dingin, dan semprotan portabel. Di malam hari, ganti seprai tempat tidur biasa dengan satu set seprai pendingin, saran Azza Halim, MD, dokter bersertifikat dan pendiri Azza MD Beauty. Cara ini akan membuat kalian lebih sedikit berkeringat. (*)

 

Ilustrasi: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Selena Gomez Luncurkan Rare Beauty, Brand Kecantikan yang Mengajarkan Self-Love

Interest
Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya!

Interest
5 Tips Kecantikan untuk Remaja ala Bintang TikTok Leila Bauer