Entertainment

Apa Itu Minionese dalam Film Minion?

Jingga Irawan

Posted on July 4th 2022

Minion sukses menjadi perhatian pertama anak-anak. Dia bukan sosok makhluk heroik yang membantu. Mereka juga nggak berkelakuan baik. Sebagian besar justru menyebabkan kekacauan. Meskipun kecil, ketidakmampuan fisik mereka yang sederhana justru membuat kehancuran dalam skala massal.

Minions: The Rise of Gru akan menjadi film fitur kelima yang menampilkan Minion dan dunia mereka. Film ini akan menampilkan kembali makhluk kecil yang memiliki kulit kuning, memakai kacamata dan terusan, memiliki rambut sedikit, bahkan satu atau dua mata.

Mereka punya nama umum yang berasal dari Inggris atau Irlandia. Ada Kevin, Stuart, dan Robert. Tetapi yang dikenal oleh orang adalah cara berbicara mereka yang terkesan ngawur.

Dilansir Slash Film, bahasa mereka merupakan bentuk infleksi dari bahasa Inggris, Italia, Hindi dan Prancis. Orang mungkin mendengar mereka dengan jelas mengatakan “banana,” “papaya," atau "papagena.” Tetapi ada lebih banyak kata yang nggak dikenali.

Minionese, atau bahasa Minion, bukanlah bahasa dunia nyata. Melainkan bahasa pinjaman dari bahasa yang ada. Bahasa ini telah digabungkan bersama untuk menciptakan kata yang seolah-olah tak beraturan dan banyak yang berasal dari berbagai nama makanan.

Kosakata Minion

Bahasa Minionese memiliki kosa kata berulang yang digunakan di seluruh film. Bahasa Minion dibangun bukan dari bunyi kata tunggal, tetapi gabungan dari beberapa kata dengan bunyi yang sama.

Terlepas dari aliran kata tergesa-gesa yang mereka ucapkan, beberapa kata memang menonjol. Terutama kata “banana.” Kata ini sudah begitu sering diucapkan sehingga bahasa Minion sering disebut sebagai Bahasa Pisang.

Ketika Minion mengatakan "banana,” yang mereka maksud adalah buah pisang. Tetapi ada banyak kata makanan lain dalam kosakata mereka soal makanan yang nggak berdiri sendiri. Mereka menampilkan lagu “banana” dan “potato” misalnya, serta memakai kata-kata seperti "poulet tiki masala.” Poulet berarti ayam dalam bahasa Prancis, sedangkan “tikka masala” adalah hidangan ayam pedas India.

Mereka juga berhitung 1,2,3 dalam bahasa Korea dan mengucapkan terima kasih dengan kata "Tank Yu". Kata makanan lain seperti es krim diucapkan sebagai "gelato" di Minion.

Bagaimana Minion Berbicara?

Terinspirasi untuk berbicara bahasa Minion? Hal ini tak semudah kelihatannya.

Berbicara seperti Minion bukan hanya masalah membuat suara yang tak dapat dipahami dengan kata-kata dari bahasa berbeda yang jarang diucapkan. Jika diperhatikan baik-baik, bahasa Minion memiliki banyak kemiripan dengan baby talk atau bahasa bayi.

Kalian pasti pernah mendengar bayi mendengung di tahun-tahun pertama perkembangannya mereka. Dan kalian akan menyadari bahwa bayi sering mengucapkan huruf "B" dan "P.” Itu lah mengapa Minion mengatakan “bello” pada orang baru, karena mirip seperti “hello.” Pun menyebut “apple” dengan sebutan “bapple”

Minion juga ngobrol dengan suara kecil yang lucu seperti yang dilakukan bayi. Bahkan para Minion mengucapkan selamat tinggal dengan “Poopaye” bukan “Goodbye.” Yang seolah-olah membenarkan kalau makhluk itu tak bisa mengucapkan kata yang tepat, seperti ketika bayi belajar berbicara pertama kali.

Apakah Universal Menyewa Ahli Bahasa untuk Memproduksi Bahasa Minion?

Sebenarnya, Minionese bukan bahasa buatan film pertama. Ada banyak bahasa dalam waralaba film. Misalnya, bahasa Dotharki dalam Game of Thrones, bahasa Na’vi dalam Avatar, dan bahasa Klingon dari Star Trek.

Yang bikin unik adalah laporan pers menunjukkan kalau sutradara film Pierre Coffin dan Chris Renaud telah menciptakan bahasa sendiri. Tetapi mereka bukan ahli bahasa dan tak memakai ahli bahasa. Keduanya muncul dengan ide jenius untuk merekam suara Minion sendiri, dengan memberikan nada yang realistis dari kata-kata yang berasal dari berbagai bahasa.

Para sutradara film tak mengira bahwa bahasa ini akan mencapai ketenaran dan popularitas yang begitu tinggi. Itu juga dalam waktu yang begitu singkat.(*)

Foto: Universal

Baca Juga: WhatsApp Siapkan Fitur Sembunyikan Status Online Pengguna

Artikel Terkait
Entertainment
Seminggu Penayangan, 'Minions: The Rise of Gru' Sukses Raup Rp 1,6 Triliun di AS

Interest
Reebok Bakal Rilis Koleksi Spesial The Minions Buat Sambut Film ‘Rise of Gru’

Entertainment
Beyonce Ucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Jisoo BLACKPINK