Lifestyle

Converse Manfaatkan Sisa Karet Pembuatan Sepatu

Tora Nodisa

Posted on July 3rd 2022

Foto: Converse.com

Limbah pembuatan sepatu terutama dari karet outsole cukup meresahkan. Oleh karena itu, Converse mencoba membuat limbah tersebut bermanfaat. Salah satunya meluncurkan produk inovatif yang diberi nama Converse Sponge Crater CX. Sneakers yang memadukan bahan knit dan busa. 

Awal munculnya sneakers ini agak bias. Karena di awal, sneakers tersebut dikira produk kolaborasi. Karena yang dilepaskan ke pasaran diberi nama *A-COLD-WALL Samuel Ross X Converse Sponge Crater CX. Bentuknya pun sama. Hanya saja, produk pertama ini memakai rajutan berwarna orange, dan busa berwarna abu-abu gelap. Logo A-COLD-WALL juga tercetak jelas di outsole. 

Tapi pada awal Juli 2022, Converse akhirnya merilis dua jalur warna Sponge Crater CX, tanpa embel-embel kolaborasi dengan pihak lain. Warnanya putih dan hitam. Converse Sponge CX Crater punya bentuk yang unik, dan diklaim sepatu dengan sirkulasi udara terbaik. 

Sekitar 95 persen bagian atas rajutan bersirkulasi udara yang ditempatkan di atas sockliner PU busa CX. Kesan nyaman sudah bisa dilihat dari produk ini sejak pandangan pertama. Tarikan lidah dan tumit 100 persen dibuat dari bahan poliester daur ulang. Tujuannya agar pemakai bisa melepas dan memasang sepatu dengan mudah. Bagian atas merupakan sockliner mesh yang dibuat dari bahan daur ulang 100 persen. 

Tapi yang paling menarik adalah busa yang dipakai juga berbahan daur ulang. Converse mengklaim bahwa bahan tersebut dibuat dari limbah produksi sepatu. Terutama yang berbahan karet, seperti outsole dan midsole. Semuanya dilebur menjadi satu, dan dicetak ulang seperti busa. Untuk harganya, sepatu ini dilepas ke pasaran dengan 2,1 juta rupiah. (*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Siap-Siap Berburu Koleksi Lengkap LL Bean x Converse di Bulan Oktober 2022

Lifestyle
Dua Brand Streetwear Legendaris Converse dan Stussy Rilis Sepatu Kolaborasi

Lifestyle
Warna Hits 90-an di Sneakers Kolaborasi Pop Trading Company x Converse