Tech

WhatsApp Siapkan Fitur Sembunyikan Status “Online” Pengguna

Jingga Irawan

Posted on July 3rd 2022

Nggak hanya “last seen,” status “online” di WhatsApp kadang juga bikin kita cemas. Beberapa orang yang MainMain kenal bahkan ada yang rela nggak buka WhatsApp karena takut orang lain mengira dia sedang free untuk diajak ngobrol. Tapi tenang aja, sebentar lagi kalian bisa main aplikasi WhatsApp tanpa ada yang tahu!

Beberapa kabar fantastis akan datang dalam pembaruan WhatsApp beta untuk Android, iOS, dan Desktop. Setelah mengumumkan kalau WhatsApp sedang mengembangkan beberapa fitur utama seperti kemungkinan untuk mengedit pesan teks yang sudah terkirim, perusahaan sekarang menyiapkan fitur untuk menyembunyikan status online.

WABetainfo membagikan sebuah tangkapan layar yang berisi setting privasi tentang siapa saja orang yang dapat melihat saat kita online. Di situ terlihat dua opsi baru: "semua orang" dan "sama seperti terakhir dilihat.”

Misalnya, jika kalian memilih "kontak saya" untuk mengatur opsi "terakhir dilihat" dan memilih opsi "sama seperti terakhir dilihat" untuk bagian status "online,” itu berarti non-kontak kalian nggak akan bisa melihat kalian saat online. Ini juga bisa membantu kalian nggak memberi informasi online pada orang yang baru menghubungi kalian.

Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Avatar untuk Dipakai Video Call

Selain itu, meskipun hasil tangkapan layar diambil oleh WABetainfo dilakukan selama pengembangan WhatsApp beta untuk iOS, WhatsApp berencana untuk memperkenalkan fitur yang sama di pembaruan WhatsApp beta untuk Android dan Desktop versi beta di masa mendatang. Jadi, pengguna Android nggak perlu khawatir.

Perlu diingat kalau fitur ini masih dalam pengembangan. Sehingga belum diketahui kapan akan dirilis ke publik. Namun, versi beta kemungkinan akan muncul dalam waktu dekat.

WhatsApp baru-baru ini telah memperbarui opsi privasi untuk status “last seen.” Selain itu, anak perusahaan Meta tersebut mengembangkan fitur avatar untuk video call. Fitur ini disebut-sebut sebagai pembaruan yang mengikuti popularitas karakter digital dan metaverse.(*)

Artikel Terkait
Tech
Awas, Jutaan Ponsel Bakal Kehilangan Akses WhatsApp Mulai 1 Januari

Tech
Sekarang Kirim Voice Note Lewat WhatsApp Bisa Dicek Lebih Dulu

Tech
WhatsApp Coba Fitur Baru: Pengguna Bisa Tambah Kontak Cukup Lewat QR Code