Lifestyle

Tiga Tips Aman untuk Mendengarkan Musik Pakai Headphone dan Earbud

Jingga Irawan

Posted on July 2nd 2022

Musik merupakan salah satu kesenangan besar dalam hidup. Bahkan, musik punya kekuatan untuk mengubah suasana hati, menggerakkan emosi, dan dalam beberapa kasus, musik bisa bikin kalian bersemangat.

Popularitas aplikasi streaming musik dan smartphone bikin mendengarkan musik sekarang lebih mudah. Kalian bisa mendengarkan kapan saja dan di mana saja. Kebanyakan orang mendengarkan pada tingkat yang aman. Mereka menurunkan volume dan membatasi waktu mendengarkan hingga kurang dari beberapa jam seminggu.

Kalau kalian merasa begitu, bagus! Kalian bisa menjaga pendengaran kalian tetap sehat. Tetapi jika kalian suka mendengarkan musik di headphone untuk waktu yang lama atau dengan volume yang keras, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana hal ini berdampak dan bagaimana caranya untuk mengurangi risiko kerusakan pendengaran.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan secara rutin:

1. Pilih headphone atau earbud yang pas!

Banyak orang berpikir kalau memakai earbud lebih berbahaya daripada headphone, tetapi kenyataannya adalah: volume musik yang membahayakan. Itu juga dipengaruhi dengan preferensi musik yang keras, seberapa baik kalian bisa mendengar, dan yang paling penting, kebisingan di lingkungan sekitar. Untuk masalah headphone atau earbud, semakin suara di lingkungan luar teredam, artinya perangkat itu semakin baik.

Pilih headphone atau earbud yang pas dan memiliki peredam yang baik untuk menghentikan kebisingan latar belakang ke telingamu. Beberapa orang memilih headphone yang dilengkapi peredam bising. Sehingga dapat membantu menjaga volume musik tetap rendah saat kalian mendengarkan di tempat ramai. Pasalnya, semakin bising suara latar belakang, semakin tinggi kalian akan menaikkan volume musik.

2. Gunakan Aturan 60-90

Dengarkan musik dengan volume nggak lebih dari 60 persen selama nggak lebih dari 90 menit per hari. Gunakan juga pengingat untuk membantu kalian mencatat sudah berapa lama kalian mendengarkan musik tersebut.

Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Avatar untuk Dipakai Video Call

3. Bisa Gunakan Aplikasi Khusus

Pada tahun 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan standar pendengaran yang aman dan mendesak produsen ponsel memasukkan standar ini dalam perangkat mereka.

iOS menyertakan beberapa standar WHO-ITU. Sehingga kalian sekarang dapat menggunakan aplikasi kesehatan di iPhone untuk mengecek level audio headphone. Data historis bisa disimpan sehingga kalian dapat memeriksa level audio headphone selama satu jam, minggu, bulan, atau tahun terakhir.

Tingkat suara rata-rata harian dan rentang volume juga tersedia dan aplikasi menyimpan catatan semua sesi mendengarkan headphone. Kalian bahkan dapat memisahkan data berdasarkan jenis headphone, sehingga kalian dapat melihat perbedaan kebiasaan mendengarkan saat menggunakan headphone yang berbeda.

Meskipun kalian nggak memakai iPhone, kalian masih bisa mengatur batas volume atas untuk headphone di HP apa pun dengan menyesuaikan 'Volume Limiter' di bagian pengaturan. Kalian bisa mencoba salah satu dari ratusan aplikasi yang dirancang untuk menetapkan batas pada volume perangkat atau waktu mendengarkan.(*)

Foto: Pixabay

Artikel Terkait
Interest
Apakah Memakai Headphone atau Earbuds Saat Tidur Berbahaya? Yuk Cari Tahu

Lifestyle
8 Cara Agar Baterai HP Androidmu Tahan Lama Selama Karantina

Lifestyle
Di Rumah Aja Tapi Kondisi Kulit Wajah Memburuk? Ini Penyebab dan Solusinya!