Entertainment

'Stranger Things 4' Pecahkan Rekor Streaming, Layanan Netflix Sampai Crash!

Jingga Irawan

Posted on July 2nd 2022

Stranger Things memang anak emas bagi Netflix. Season ke-4 acara itu telah memecahkan rekor baru. Bagian pertama dari season ini memiliki jam paling banyak ditonton di pemutaran perdana akhir pekan dengan total 286,79 juta.

Pada Jumat, 1 Juli 2022, volume 2 season ini melanjutkan kesuksesan besar itu dengan pemutaran perdananya hingga menyebabkan jaringan Netflix crash. Sehingga nggak dapat diakses oleh banyak penggunanya. Menurut Collider, terdapat 13.000 laporan masalah dengan Netflix pada saat Stranger Things 4 volume 2 rilis.

Menurut peringkat acara TV Nielsen, pekan 30 Mei-5 Juni, Stranger Things mencatat total 7,2 miliar menit waktu menonton. Ini adalah total mingguan tertinggi dari semua judul streaming sejak dimulainya peringkat mingguan pada tahun 2020.

Season 4 series ini juga memegang penghitungan dua minggu terbesar untuk setiap acara streaming selama pekan 23-29 Mei dan 30 Mei-5 Juni, menghasilkan total dua minggu 12,34 miliar menit menonton.

Penting juga untuk dicatat kalau peringkat streaming Nielsen hanya mencakup menit menonton di perangkat TV dan hanya mengukur penonton AS. Sehingga waktu yang dihabiskan untuk menonton series tersebut di komputer atau perangkat seluler, serta penonton dari luar AS, tak dihitung dalam peringkat Nielsen.

Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Avatar untuk Dipakai Video Call

Tak ada acara streaming yang pernah melampaui 6 miliar menit menonton berdasarkan peringkat Nielsen dalam satu minggu. Jadi Stranger Things melewati tonggak sejarah itu dan melampaui angka 7 miliar. Satu-satunya seri lain yang mampu mencapai angka 5 miliar menit adalah Tiger King dan Ozark pada tahun 2020.

Baca Juga: 9 Peristiwa Penting yang Perlu Diingat Sebelum Nonton 'Thor: Love and Thunder'

Menurut The Hollywood Reporter, di samping Stranger Things dalam 10 Mei-5 Juni penayangan teratas untuk serial streaming asli, ada juga serial Netflix The Lincoln Lawyer (966 juta), Ozark yang disebutkan sebelumnya (644 juta), Wrong Side of the Trek (291 juta), Grace and Frankie (271 juta), Workin' Moms (215 juta), dan Floor Is Lava (214 juta).

Bergabung dengan seri Netflix ini ada Obi-Wan Kenobi dari Disney+ dengan total 958 juta menit serta The Boys dan Night Sky di Prime Video, keduanya mengumpulkan masing-masing 919 juta menit dan 242 juta menit.(*)

Foto: Netflix

Artikel Terkait
Entertainment
Yuk! Kenalan dengan Karakter Baru ‘Stranger Things’ Season 4

Entertainment
‘Stranger Things’ Season 4 Bakal Dibagi Jadi Dua Bagian, Ini Tanggal Rilisnya!

Entertainment
The Montauk Project: Teori Konspirasi yang Menginspirasi ‘Stranger Things’