Portrait

Steve Jobs Dianugerahi Medal of Freedom oleh Joe Biden

Jingga Irawan

Posted on July 2nd 2022

Steve Jobs, salah satu pendiri dan mantan CEO Apple, akan dianugerahi Presidential Medal of Freedom anumerta oleh Presiden Joe Biden. Kabar tersebut diumumkan Gedung Putih pada Jumat, 1 Juli 2022.

Presidential Medal of Freedom adalah penghargaan tertinggi AS yang dapat diberikan kepada warga sipil. Dan itu diberikan kepada “individu yang telah memberikan kontribusi teladan bagi kemakmuran, nilai, atau keamanan Amerika Serikat, perdamaian dunia, atau masyarakat penting lainnya, baik dari upaya publik atau swasta," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Jobs mendirikan Apple pada April 1976. Sejak itu Apple menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Dia membantu meluncurkan banyak produk teknologi yang telah menjadi bagian sehari-hari warga dunia, termasuk Mac, iPod, dan iPhone. Bayangkan saja, hampir semua perangkat gadget kelas atas yang mumpuni berasal dari Apple.

Steve Jobs lahir di San Fransisco tahun 1955. Ia bersama rekannya, Steve Wozniak, mendirikan Apple Computer Inc., yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Apple Inc. Wozniak baru saja mendirikan layanan untuk mengatasi sampah luar angkasa Privateer Space. Sementara Jobs telah meninggal pada 5 Oktober 2011. Tak lama setelah Apple merilis iPhone 4 yang sangat populer.

Sangat populer di masa hidupnya, Jobs menggambarkan dirinya sempat kecewa dengan Presiden Obama dalam biografi Walter Isaacson. "Dia mengalami kesulitan memimpin karena dia enggan menyinggung orang atau membuat mereka kesal," kata Jobs yang dikutip dari biografi tersebut. “Itu bukan masalah yang pernah aku alami.”

Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Avatar untuk Dipakai Video Call

Dalam pernyataannya saat ini, Gedung Putih memuji pendekatan kreatif Jobs terhadap berbagai upayanya di dunia teknologi dan budaya populer.

"Steve Jobs adalah salah satu pendiri, kepala eksekutif, dan ketua Apple, Inc., CEO Pixar dan memegang peran utama di Perusahaan Walt Disney," tulis Gedung Putih.

“Visi, imajinasi, dan kreativitasnya menghasilkan penemuan yang telah, dan terus berlanjut, mengubah cara dunia berkomunikasi, serta mengubah industri komputer, musik, film, dan nirkabel.”

Baca Juga: Twitter Uji Fitur Tampilkan Karakter Bitmoji sebagai Foto Profil

Penghargaan tersebut akan diberikan pada Kamis, 7 Juli 2022. Penerima Presidential Medal of Freedom tahun ini juga termasuk Simone Biles, Gabrielle Giffords, John McCain, Megan Rapinoe, dan Denzel Washington. (*)

Foto: Justin Sullivan/Getty Images/AFP

Artikel Terkait
Current Issues
On This Day: 9 Januari 2007, Steve Jobs Pertama Kali Kenalkan iPhone

Current Issues
Belajar Berkata 'Tidak' dari Steve Jobs

Current Issues
On This Date: 11 April 1976 Komputer 'Apple-1' Dirilis, Dibuat dari Uang Jual VW