Tech

Twitter Uji Fitur Tampilkan Karakter Bitmoji sebagai Foto Profil

Jingga Irawan

Posted on July 2nd 2022

Twitter kembali bereksperimen pada fitur yang menarik. Dilansir Social Media Today, pengguna Twitter kemungkinan sebentar lagi bisa menampilkan karakter Bitmoji sebagai gambar profil akun mereka. Langkah ini mengikuti popularitas avatar digital sebagai pengganti gambar diri dan metaverse.

Seorang peneliti aplikasi, Alessandro Paluzzi, menunjukkan tampilan integrasi Bitmoji ke Twitter dalam alur unggah gambar profil. Jika sebelumnya tak ada pilihan selain mengambil foto langsung dan mengunggah dari galeri, ada tombol “Tambahkan Bitmoji” (Add Bitmoji) untuk menghubungkan akun Bitmoji.

Langkah ini secara otomatis juga akan menautkan profil Twitter kalian ke Snapchat, mengingat Bitmoji merupakan karakter milik Snapchat. Sehingga, integrasi ini akan menyediakan tautan langsung antara profil Snapchat, tempat membuat karakter Bitmoji, dan Twitter.

Twitter saat ini belum memiliki fitur pembuatan avatar asli sendiri, dan integrasi dengan Bitmoji kemungkinan menunjukkan kalau perusahaan belum ingin menambahkannya.

Snapchat bisa dibilang merupakan salah satu pelopor dunia karakter digital. Perusahaan menjadikan karakter Bitmoji-nya sebagai elemen unik dari aplikasi. Jika seseorang ngobrol soal avatar atau Bitmoji, kita akan langsung membayangkan tampilan Snapchat. 

Baca Juga: Steve Jobs Dianugerahi Medal of Freedom oleh Joe Biden

Snapchat juga meluncurkan berbagai opsi pakaian Bitmoji bermerek untuk memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna mengekspresikan identitas mereka di aplikasi. Misalnya, jika Nike atau Adidas memiliki rilis baru untuk sepatu dan baju, mereka juga memiliki versi Bitmoji-nya.

Sayangnya, Twitter belum ingin buka suara terkait hal tersebut. "Kami selalu mencari cara baru bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri mereka di platform. Kami belum memiliki detail lebih lanjut untuk dibagikan saat ini," kata juru bicara perusahaan.

Baca Juga: WhatsApp Kembangkan Avatar untuk Dipakai Video Call

Jadi, belum ada pengumuman apa pun dari perusahaan. Tetapi Twitter mulai menjelajahi dunia karakter digital. Di sisi lain, pengguna Twitter juga semakin banyak menggunakan gambar acak monyet, goblin, dan karakter kartun lainnya sebagai gambar profil mereka di aplikasi, integrasi Bitmoji pilihan yang tepat.

Twitter bukan satu-satunya layanan media sosial yang akan menggunakan avatar atau karakter digital untuk meramaikan aplikasinya. TikTok bulan lalu meluncurkan filter avatar yang bisa mengikuti ekspresi wajah pengguna. (*)

Artikel Terkait
Tech
WhatsApp Kembangkan Avatar untuk Dipakai Video Call

Tech
Australia Usulkan Aturan Baru, Paksa Platform Medsos Buka Identitas Akun Anonim

Tech
TikTok Rilis Efek Avatar, Begini Cara Memakainya