Sport

Simpan Tenaga untuk Asia Cup 2022, Timnas Lepas Kualifikasi World Cup 2023

Tora Nodisa

Posted on July 2nd 2022

Foto: fiba.basketball

Timnas Indonesia tidak mampu mengatasi permainan Saudi Arabia, di ajang FIBA World Cup 2023 Qualifiers, yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Jumat, 1 Juli 2022. Harapan Indonesia untuk lolos ke FIBA World Cup 2023 melalui jalur kualifikasi sudah tertutup. 

Tadi malam, timnas basket Indonesia kembali tampil di ajang FIBA World Cup 2023 Qualifiers. Rangkaian turnamen tersebut sudah memasuki fase akhir, di mana Indonesia sebelumnya sudah kalah empat kali. Bahkan di pertemuan pertama dengan Saudi Arabia, Indonesia sudah kalah dengan skor 66-95. Sementara di Windows 3 ini, Indonesia hanya menyisakan dua laga, yaitu melawan Saudi Arabia dan Yordania. 

Sebenarnya, ketika sudah kalah empat kali, manajemen timnas tampaknya sudah tidak berharap bisa lolos ke FIBA World Cup 2023 lewat jalur kualifikasi. Pasalnya, terlihat dari roster yang diumumkan. Tidak ada Lester Prosper atau Marquez Bolden yang jelas-jelas sebagai pemain naturalisasi yang bisa diandalkan untuk mengawal paint area Indonesia. Kemudian, tidak ada pula nama Abraham Damar Grahita sebagai salah satu pemain terbaik Indonesia di beberapa turnamen internasional. 

Awalnya memang cukup bagus. Indonesia unggul 39-31 atas Saudi Arabia di first half. Tetapi ketika memasuki second half, timnas kehilangan konsentrasi. Defense mereka melemah karena fisik terkuras. Indonesia tersusul di kuarter ketiga, dan tidak bisa membalikkan keadaan di kuarter keempat. Akhirnya Indonesia menelan kekalahan dengan skor tipis, 67-69, atas Saudi Arabia. Ini menjadi kekalahan kelima dari jadwal enam laga di FIBA World Cup 2023 Qualifiers, untuk zona Asia dan Oceania. 

Strategi menyimpan tenaga ini digunakan Indonesia agar bisa tampil maksimal di FIBA Asia Cup 2022, yang akan dimulai pada 12 Juli 2022, di Jakarta. Sebagai tuan rumah, Indonesia punya misi khusus di ajang tersebut. Indonesia ditarget bisa menempati peringkat delapan besar agar bisa tampil di FIBA World Cup 2023. Jadi timnas Indonesia sepertinya sudah melepaskan FIBA World Cup 2023 Qualifiers, yang menyisakan satu pertandingan lagi melawan Yordania, pada 4 Juli 2022. (*)

Artikel Terkait
Sport
Timnas Basket Indonesia Gugur di FIBA World Cup 2023 Qualifiers Putaran Pertama

Sport
Indonesia Tundukkan Saudi Arabia di Laga Pertama FIBA Asia Cup 2022 

Sport
Timnas Basket Indonesia Kembali Mengakui Keperkasaan Yordania