Entertainment

‘Stranger Things Season 4’: Penjelasan Ending dan Rencana Vecna

Jingga Irawan

Posted on July 2nd 2022

Plot twist di bagian pertama season 4 dari Stranger Things adalah Vecna ​​sebenarnya juga eksperimen seperti Eleven. Namun, bagian pertama season 4 berakhir tanpa mengakhiri cerita Vecna, dan kita masih punya banyak pertanyaan soal monster yang mirip mayat hidup ini.

Stranger Things season 4 volume 2 akhirnya rilis pada Jum’at 1 Juli 2022. Di sini, Netflix memberi tahu kita soal kiamat di Hawkins, perjuangan pasukan berani mati di Rusia, rencana Vecna, hingga hubungannya dengan Mind Flayer. Karena terlalu padatnya cerita, mungkin kalian masih butuh pencerahan nih soal nasib geng Hawkins. Berikut MainMain jelaskan:

SPOILER ALERT!!!

Apa yang Terjadi pada Vecna?

Rencana geng Hawkins nggak berjalan mulus begitu saja. Mereka berpencar: Max dan Lucas memancing Vecna agar jiwanya keluar dari tubuh aslinya, sementara Steve, Nancy dan Robin mencari tubuh asli Vecna, disusul Eddie dan Dustin yang menghalau Demobats, sedangkan Eleven berusaha membantu Max melalui proyeksi astralnya.

Dalam Stranger Things season 4 volume 2 berakhir, Vecna mendapat serangan dari Eleven. Baik secara mental maupun fisik. Eleven (dengan sedikit bantuan dari air garam dan Max) mengeluarkan seluruh tenaganya melalui proyeksi tersebut. Sayangnya, dibandingkan dengan Eleven, Vecna adalah musuh yang kuat. Dia bahkan hampir berhasil membunuh Max.

Baca Juga: Stranger Things Season 4: Vecna Ternyata Punya Hubungan Kuat dengan Mind Flayer

Namun, saat Vecna berada di istana pikiran bernuansa merah ini, tubuh aslinya di Upside Down nggak terlindungi. So, dengan sedikit bantuan beberapa lampu biru, Nancy, Robin, dan Steve berhasil menemukannya di loteng Creel House. Tubuh Vecna nggak dijaga pasukannya. Sementara jiwa dan pikirannya bertarung dengan Eleven di luar sana.

Di sana, ketiganya menyerang monster itu dengan Molotov Cocktails dan semakin memojokkannya  dengan tembakan senapan raksasa. Akhirnya Vecna terjatuh dari jendela. Tetapi Vecna sempat memperingatkan mereka kalau dia "sudah menang.”

Saat ketiganya berjalan keluar, mereka menemukan tubuh Vecna telah hilang. Meskipun sepertinya geng Hawkins telah menang lagi di saat-saat penutupan episode, Will memberi tahu semua orang kalau dia bisa merasakan Vecna ​​nggak benar-benar kalah.

Apa Rencana Vecna dan Apakah Mind Flayer Terlibat?

Vecna memang bekerja bersama Mind Flayer yang membantu One/Henry “mewujudkan potensinya.” Namun, setelah Eleven mengalahkan Mind Flayer, Vecna menyadari kalau dia ingin memulai kiamat, dia harus bermain seperti Thanos dan melakukannya sendiri.

Untuk itu, dia mulai membuka empat gerbang yang membuat Upside Down bergabung dengan dimensi kita. Ini bisa menghancurkan dunia kita. Sementara Vecna bisa merenggut isi dan membangunnya menjadi sesuatu yang dia gambarkan sebagai "indah.”

Itu lah mengapa Vecna membutuhkan empat kematian di Hawkins. Agar gerbangnya terbuka sempurna. Pasalnya, setiap kematian hanya bisa membuka satu gerbang baru. Kalau kalian menyadarinya, gerbang ini lagi-lagi memiliki bentuk seperti laba-laba, yang nggak lain adalah hewan kesayangan Henry.

Dan tahu apa? Rencananya berhasil. Di saat-saat terakhir season 4, kita melihat bahwa Upside Down telah menyatu dengan dunia kita, dengan retak jalan yang tampaknya meluas ke seluruh Hawkins.

Apakah Vecna Benar-Benar mati?

Seperti Max, kematian Vecna saat ini mungkin sangat nggak masuk akal. Sekembalinya ke Hawkins, indra Upside Down milik Will mulai terasa lagi, dan dia bisa merasakan Vecna yang terluka sedang merencanakan langkah selanjutnya.

Will memiliki kelebihan ini setelah pengalamannya di season 1 dan 2 Stranger Things, di mana dia terjebak di Upside Down dan dirasuki oleh Mind Flayer. (*)

Foto: Netflix

Artikel Terkait
Entertainment
Perbedaan Vecna dan Mind Flayer di ‘Stranger Things’

Entertainment
5 Pertanyaan yang Diharapkan Terjawab di Stranger Things 4: Volume 2

Entertainment
Netflix Rilis Gambar 'Stranger Things' S4 Baru, Ada Tampilan Anyar Geng Hawkins